Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google: Indonesia Pertama di Dunia Dapat Android 5.1

Kompas.com - 04/02/2015, 15:38 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ponsel murah Android One dari Google akan segera hadir di Indonesia melalui tiga brand lokal. Selain menjadi produk Android One pertama di Tanah Air, ponsel-ponsel tersebut disinyalir bakal menjadi platform perdana bagi sistem operasi mobile terbaru Google, Android 5.1.

Kabar ini dibenarkan oleh VP Android & Chrome, Caesar Sangupta, saat dijumpai Kompas Tekno dalam acara jumpa pers di kantor Google, bilangan Senayan, Jakarta, Rabu (4/2/2015).

"Ya, benar, ponsel-ponsel Android One di Indonesia bakal menjadi yang pertama dengan Android 5.1," kata Sangupta. "Dalam waktu bersamaan, ponsel-ponsel Android One di India juga akan mendapatkan update sistem operasi ini," tambah dia.

Menurut keterangan dari pihak Google, Android 5.1 yang sama-sama bernama "Lollipop" seperti versi 5.0 terdahulu bakal mengusung peningkatan performa untuk perangkat Android One.

"Performa perangkat akan lebih mulus dibanding sebelumnya, kami juga menerapkan perbaikan bug," jelas Consumer Marketing Manager Google Indonesia, Sandy Tantra.

Android 5.1 akan hadir pertama kali di Indonesia melalui perangkat Android One dari Nexian, Journey, yang rencananya akan diperkenalkan sore ini (4/2/2015). Merek lokal berikutnya, Evercoss, akan menyusul besok dengan produk One X yang juga dibekali sistem operasi teranyar itu.

Selain Android 5.1, Sangupta menjanjikan perangkat Android One bakal terus mendapat pembaruan sistem operasi terkini dari Google, termasuk Android M yang menurut dia juga akan dirilis pada 2015.

"Nanti, kami akan pikirkan nama apa untuk sistem operasinya, mungkin diambil dari nama buah-buahan, hahaha," ujarnya sambil bercanda.

Baca juga:
Ini Tampilan Lollipop 5.1 di Android One

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com