Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Komputer di QZ8501 Boleh Dimatikan Bersamaan

Kompas.com - 05/02/2015, 09:06 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Buku manual Airbus ternyata membolehkan Flight Augmented Computer (FAC), yang disinyalir menjadi masalah sesaat sebelum pesawat Airbus A320 milik Indonesia AirAsia QZ8501 jatuh, dimatikan dua-duanya secara bersamaan.

Investigator kecelakaan pesawat swasta, Gerry Soejatman, menulis dalam blog pribadi-nya bahwa jika permasalahan dalam FAC tidak bisa diatasi dengan cara me-reset dua komputer pendukungnya secara bergantian, buku manual Airbus menyebut prosedur yang harus dilakukan pilot adalah mematikan keduanya bersamaan.

"Saat kedua FAC (FAC 1 dan FAC 2) dimatikan bersamaan, kontrol pesawat akan beralih (dari normal law) menjadi alternate law," demikian tulis Gerry dalam blog-nya sebagaimana dikutip KompasTekno.

"Normal law" dan "alternate law"

Normal law adalah kondisi saat semua komputer dalam pesawat bekerja secara normal dan input-input yang diterimanya bekerja dengan benar.

Dalam mode normal law, komputer pesawat memberikan proteksi dari berbagai kesalahan atau input yang berbahaya yang bisa membahayakan pesawat, seperti berbelok terlalu miring atau naik dengan kemiringan yang bisa mengakibatkan stall (kehilangan daya angkat).

Sementara itu, alternate law adalah kondisi saat beberapa komputer tidak berfungsi secara normal. Sistem fly by wire (FBW) pesawat tidak bisa memberikan proteksi seperti disebut di atas.

Sebenarnya, jika dalam kondisi alternate law pesawat juga mengalami kendala, sistem dalam Airbus A320 masih memiliki fungsi direct law dan mechanical law.


"Troubleshoot" FAC sesuai dokumen Airbus

Dokumen manual Airbus A320 yang didapat KompasTekno menjelaskan secara rinci bagaimana cara mengatasi (troubleshoot) masalah dengan FAC.

Jika salah satu rudder travel limiter (komponen FAC yang beberapa kali dilaporkan rusak dalam PK-AXC) tidak bekerja, menurut manual Flight Control Law Reconfiguration, pesawat akan tetap terbang dengan kondisi normal law dan sistem otopilot akan tetap bekerja walau salah satu rudder travel limiter tidak berfungsi.

Apa yang terjadi jika kedua rudder travel limiter tidak berfungsi? Jika FAC mendeteksi kerusakan dalam rudder travel limiter, sistem akan memberikan peringatan kepada kru kokpit.

Prosedur yang dibuat oleh Airbus untuk mengatasi kendala ini adalah me-reset FAC satu per satu sebagaimana terlihat dalam kutipan manual berikut ini.

Airbus
FAC fault
"Tentunya kita tidak mau terbang dengan mengandalkan komputer yang rusak, lebih aman terbang tanpa bergantung pada komputer yang rusak itu," kata Gerry.

Jika FAC 1 dan 2 setelah di-reset satu per satu tidak berhasil, prosedur yang harus dilakukan oleh kru kokpit adalah dengan mematikan keduanya sesuai dengan prosedur yang dibuat oleh Airbus.

Airbus
FAC fault both
Dalam dokumen manual A320 juga disebut bahwa jika FAC 1 dan 2 dimatikan, rudder travel limit system, rudder trim control, yaw damper, dan PFD (primary flight display) yang menunjukkan informasi karakteristik kecepatan pesawat tidak berfungsi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com