Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Sony, Olympus Bikin Lensa Pintar untuk Smartphone

Kompas.com - 09/02/2015, 16:54 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel
Modul lensa smartphone Olympus Air

KOMPAS.com - Pada 2013 lalu, Sony memperkenalkan produk "modul lensa pintar" bernama Smart Lens yang ditempelkan ke punggung smartphone dan memakai layar gadget tersebut sebagai jendela bidik.

Konsep tersebut belum benar-benar terbukti disukai konsumen, tetapi pabrikan kamera lain, Olympus, rupanya tak mau ketinggalan dan memperkenalkan produk serupa  minggu lalu.

Dikutip Kompas Tekno dari PetaPixel, Senin (9/2/2015), perangkat bernama Olympus Air yang tak memiliki layar itu berbentuk bulat serta dibekali dengan sensor Micro Four Thirds 16 megapiksel.

Olympus Air tersambung ke smartphone menggunakan transmisi Wi-Fi atau Bluetooth. Layar ponsel pintar kemudian bisa digunakan sebagai jendela bidik melalui aplikasi yang disertakan.

Olympus Air turut dibekali mounting lensa sehingga pengguna bisa memasang lensa-lensa Micro Four Thirds di perangkat ini.

Pihak Olympus menyatakan bahwa Air kompatibel dengan semua lensa Micro Four Thirds yang beredar di pasaran, termasuk buatan Panasonic ataupun Olympus sendiri.

Olympus Sensor dan mounting lensa Micro Four Thirds pada Olympus Air

Spesifikasi lain dari Olympus Air mencakup sistem auto-fokus 81-titik, burst rate 10 FPS, dan kecepatan shutter maksimal 1/16000 detik.

Selain mounting dan penjepit yang digunakan untuk menempelkannya ke kamera di tubuh silinder Olympus Air juga terdapat tombol shutter release, lubang skrup tripod, serta slot micro-SD dan baterai lithium-ion.

Olympus Air dijadwalkan mulai tersedia di Jepang pada Maret mendatang dengan harga 49.800 Yen atau sekitar Rp 5,3 juta, termasuk lensa Olympus  14-42mm f/3.5-5.6.

Belum diketahui kapan perangkat ini akan memasuki wilayah pasar lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com