Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maret, Mirrorless Samsung NX1 Masuk Indonesia

Kompas.com - 10/02/2015, 12:48 WIB
Ary Wibowo

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com - Perkembangan serta popularitas kamera mirrorless terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Sejumlah vendor terkemuka pun terus tergoda untuk merilis perangkat jenis tersebut.

Salah satu vendor yang menunjukkan keseriusannya adalah Samsung. Setelah merilis NX30 pada Februari 2014, perusahaan asal Korea Selatan itu kembali memastikan bakal memboyong seri kamera mirrorless baru bernama NX1 ke Indonesia pada Maret 2015.

"Mirrorless terbaru yang pasti masuk tahun ini di Indonesia adalah NX1. Nanti akan segera tersedia pada Maret," ungkap Gregory Augusta, Product Marketing Samsung Indonesia, pada Media Workshop Samsung Forum 2015 di Bangkok, Thailand, Senin (9/2/2015).

Samsung sebelumnya telah merilis beberapa kamera NX series di Indonesia, diantaranya NX3000, NX Mini, NX300, NX300 M, dan NX30. NX1 merupakan kamera pertama dari seri Samsung NX yang dilengkapi dengan Bluetooth serta Wi­Fi standard IEEE 802.11ac (80Mbps).

Dari sisi kamera, NX1 memiliki sensor 28 MP BSI APS­C CMOS dengan prosesor DRime V yang 2,8 kali lebih cepat dari prosesor pendahulunya. Meski sudah memastikan kapan kamera tersebut diluncurkan, Gregory enggan menyebut berapa harga resminya.

"Untuk harga masih dirahasiakan. Kita tunggu saja karena tinggal sebentar lagi bakal di-package," kata Gregory

Sementara itu, Dani Setiawanto, Head of Regional Digital Imaging Business Southeast Asia & Taiwan, mengakui, perkembangan kamera mirrorless di Asia Tenggara memang terus meningkat. Karena itulah, menurutnya, Samsung terus berupaya menciptakan inovasi dan teknologi terbaru untuk beberapa seri kamera mirrorless, salah satunya NX1.

"Di region ini kurang lebih mirrorless itu hampir 35 persen dan terus berkembang. Memang di negara-negara yang sudah maju seperti Korea Selatan, Taiwan, kamera-kamera mirrorless sudah hampir lebih besar ketimbang DSLR," ujar Dani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com