Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Windows 10 Dirilis Microsoft?

Kompas.com - 10/02/2015, 19:30 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Neowin
KOMPAS.com - Microsoft benar-benar ngebut untuk menyelesaikan Windows 10 terbarunya. Desas-desus yang beredar mengungkapkan bahwa raksasa piranti lunak tersebut berencana merilis Windows 10 pada Juni 2015.

Jika rilis tersebut terwujud, sistem operasi Windows 10 yang dirilis nantinya adalah versi ready to manufacturing (RTM). Ini bukan versi yang siap untuk langsung digunakan oleh konsumen, melainkan ditujukan untuk para original equipment manufacture (OEM) atau produsen hardware.

Windows 10 RTM memang merupakan versi yang masih perlu penyesuaian lagi. Tujuan perilisannya kepada para produsen hardware supaya mereka bisa mengoptimalkan sistem operasi tersebut sesuai dengan hardware yang akan digunakan. Terutama untuk mengatasi bug yang ada.

Setelah dirilis versi RTM, akan ada jeda waktu beberapa bulan sebelum Windows 10 bisa benar-benar dinikmati pengguna. Bila dirilis pada Juni, seperti dikutip KompasTekno dari Neowin, Selasa (10/2/2015) sistem operasi tersebut akan siap digunakan konsumen tepat pada masa selesainya liburan sekolah di AS, sekitar bulan Agustus.

Dengan pertimbangan itu, Microsoft tidak akan kehilangan kesempatan untuk memasarkan sistem operasi terbarunya kepada pelajar-pelajar yang bersiap kembali ke sekolah.

Prediksi tersebut berdasarkan siklus yang diterapkan Microsoft pada Windows 8. Saat itu, Windows 8 muncul dalam bentuk RTM pada Februari 2012, kemudian versi pratinjau Windows 8 untuk konsumen muncul pada Agustus 2012.

Demikian berarti siklus tersebut berjarak sekitar enam bulan. Hal serupa bisa terjadi pada Windows 10. Namun, sebagaimana sebuah jadwal, prediksi tersebut bisa juga molor lebih lama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Neowin
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com