Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Ingin Kuasai Pasar Kamera "Mirrorless" Indonesia

Kompas.com - 11/02/2015, 15:47 WIB
Ary Wibowo

Penulis

BANGKOK, KOMPAS.com - Rencana Samsung menguasai pasar kamera digital mirrorless di Indonesia sepertinya bukan isapan jempol. Hal tersebut dibuktikan dengan keseriusan perusahaan asal Korea Selatan itu untuk terus berinovasi dengan produk-produk yang bakal dipasarkan sepanjang 2015.

Teranyar, Samsung meluncurkan kamera mirrorless bernama NX1. Acara peluncuran tersebut merupakan bagian dari acara Samsung Forum yang berlangsung di Bangkok, Thailand, pada 9 hingga 13 Februari mendatang.

Samsung Forum merupakan ajang tahunan untuk media dan rekan bisnis Samsung yang mencakup wilayah Asia Tenggara dan juga Oseania. Kompas.com berkesempatan hadir pada acara tersebut.

"Target kita mau menjadi nomor satu dan syukurnya kami terus berkembang belakangan ini. Saat ini, kami masih nomor dua, tetapi kalau dilihat dari dua atau tiga tahun terakhir dan melihat trennya, Samsung memiliki progress yang bagus," ungkap Dani Setiawanto, Head of Regional Digital Imaging Business Southeast Asia & Taiwan.

Dani mengatakan, market mirrorless di Indonesia terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Ia pun berharap dengan terus berinovasi dengan produk-produk barunya, baik untuk segmen ponsel pintar ataupun mirrorless.

Menurut Dani dibanding kamera jenis DSLR, tipe mirrorless memang menawarkan beberapa kelebihan, diantaranya lebih praktis, lebih banyak fitur namun masih tetap menawarkan kualitas gambar sebagus kamera DSLR. Selain itu, komponen kamera mirrorless lebih awet ketimbang DSLR.

"Kurang lebih, mirrorless hampir 30 atau 35 persen menguasai pasar dan terus berkembang. Di negara-negara berkembang, misalnya, Korea Selatan, Taiwan, Singapura, juga mirrorless itu sudah hampir atau lebih besar ketimbang DSLR," tutur Dani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com