Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Ingin Halau Peretas dari FaceTime

Kompas.com - 14/02/2015, 15:33 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Demi menghindari jeratan peretas, Apple membuat otentikasi dua tahap bagi pengguna untuk masuk ke akun iMessages dan FaceTime.
 
Dilansir KompasTekno, Sabtu (14/2/2015) dari TheGuardian, setelah log in dengan nama dan kata sandi, pengguna kini harus turut memasukkan kode lanjutan. Kode itu didapat melalui pesan yang dikirim Apple ke nomor ponsel pengguna yang terdaftar saat membuat akun.

Setelah memasukkan kode keamanan lanjutan, barulah pengguna terverifikasi untuk mengakses akun iMessages dan FaceTime yang tersemat pada iPhone, iPad, dan iMac.

Walau ruwet, namun ini penting untuk pengamanan data. Jika peretas sudah mengantongi nama akun beserta kata sandinya, ia tetap tak bisa mengakses akun pengguna tanpa mengetahui kode lanjutan tersebut.

Rik Ferguson, Wakil Presiden Penelitian Keamanan dari Trend Micro, mengapresiasi langkah Apple. "Langkah Apple membuat dua tahap pembuktian keaslian pengguna sungguh bagus untuk melindungi layanannya," kata dia.

Walau begitu, Ferguson juga menilai langkah Apple tak akan serta-merta mengelabui peretas. "Jika peretas mampu mengalihkan panggilan atau pesan dari perangkat tersebut, misalnya dengan memanggil penyedia layanan, otentikasi dua langkah ini akan tumbang," kata dia.

Sebelumnya, Apple juga memberlakukan perlindungan keamanan ekstra yang serupa untuk dua layanan lainnya, iTunes dan iCloud, pada Maret 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com