Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pinterest Bakal Jadi Situs Dagang Online

Kompas.com - 16/02/2015, 10:19 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Recode

KOMPAS.com - Pinterest bakal gencar mengekspansi layanannya. Sebelumnya, aplikasi ini dikenal sebagai situs papan pin virtual. Namun, nantinya Pinterest juga bakal mengakomodir layanan dagang online.

Rumor tersebut didapat dari beberapa sumber yang dekat dengan Pinterest. Dilansir KompasTekno (14/2/2015) dari Recode, paling lambat enam bulan mendatang, fitur tombol "Buy" atau "Beli" akan terpatri di startup terbaik versi TechCrucnch 2011 ini.

Tombol "Buy" tersebut memungkinkan netizen untuk mengorder dan membayar beberapa produk hasil telusuran mereka di Pinterest. Menurut para pengamat industri, situs yang dilansir menarik 70 juta pengunjung per bulan ini, memang sudah ditunggu-tunggu untuk bertransformasi menjadi mal digital.

"Strategi kami adalah untuk membantu orang-orang mencari hal-hal baru, menyimpannya, dan mengaksesnya di kehidupan nyata agar lebih berguna," kata juru bicara Pinterest.

Untuk proses pembayarannya, Pinterest dirumorkan akan bekerjasama dengan perusahaan pembayaran Stripe. Namun belum ada tanggapan dari pihak Stripe terkait hal ini. Hingga sekarang, belum jelas pula apakah iklan pada Pinterest akan terintegrasi dengan produk yang dijajakan.

Sebelumnya, Pinterest telah resmi merilis App Pins bersama-sama dengan Apple. App Pins adalah fitur di dalam Pinterest yang memungkinkan netizen mengunduh aplikasi iOS tanpa masuk ke toko aplikasi Apple App Store. Ini diharapkan mempermudah netizen dalam mencari aplikasi yang benar-benar dibutuhkan.

Jika benar Pinterest akan bertransformasi menjadi situs layanan dagang online, maka tentu kompetitornya akan menuju pada Amazon dan eBay. Belum lagi jika desas-desus bahwa Google juga akan merilis fitur "Buy" pada beberapa iklannya terbukti benar. Industri dagang online tampakanya akan semakin ramai di tahun 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Recode
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com