Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tenaga Dalam" KPK di Game Android "Kriminalisasi"

Kompas.com - 18/02/2015, 14:00 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Tidak hanya melalui media sosial, dukungan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga datang dari pengembang game lokal. Salah satunya adalah game berjudul Kriminalisasi buatan developer Madfal Studio.

Dukungan Madfal Studio terhadap lembaga anti-rasuah Indonesia ini terlihat jelas dalam deskripsi game khusus Android tersebut dan juga akun resmi Facebook-nya.

"Kriminalisasi terhadap KPK tampak sangat jelas akhir-akhir ini. Selain dengan doa, Madfal Studio juga ikut memberi dukungan melalui game Kriminalisasi," tulis pengembang game asal Indonesia itu.

Dalam game Kriminalisasi ini, pemain akan memerankan karakter Ketua KPK Abraham Samad. Tugas yang harus dijalankan oleh si pemain sangat sederhana, yakni menjaga gedung KPK dari serangan koruptor.

Akan ada tiga tombol untuk membantu karakter dalam menghadang koruptor dari tiga jalur. Sebagai gambaran, jika ada musuh yang datang dari arah kiri, si pemain harus menekan tombol paling kiri untuk menghadang serangan.

Begitu juga apabila ada serangan dari arah tengah, si pemain diharuskan untuk menekan tombol tengah untuk menjaga gedung KPK dari serangan.

Jenis serangannya beragam. Ada yang berbentuk tikus (melambangkan koruptor) dan juga berbagai bentuk gratifikasi, seperti permata dan uang kertas. Tentunya, semuanya harus dihadang agar jangan sampai melewati karakter Abraham.

Jika sudah mampu menahan serangan dalam jumlah tertentu, karakter Ketua KPK ini bisa mengeluarkan jurus pamungkas, semacam ilmu tenaga dalam, yang ditandai dengan teriakan, "Ka-pe-ka".

Game ini sendiri hanya tersedia untuk platform Android. Besar file instalasinya sekitar 12 MB.

Untuk mengunduh game tersebut, silahkan kunjungi tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com