Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Akuisisi Perusahaan Pembuat Efek Suara

Kompas.com - 25/02/2015, 07:13 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber 9to5mac
KOMPAS.com - Januari lalu, Camel Audio dilaporkan berhenti beroperasi. Tak ada penjelasan resmi kenapa perusahaan pembuat fitur dan efek audio tersebut hengkang dari pasar.

Namun, seperti peribahasa, sepandai-pandainya Camel menyembunyikan alasan, akhirnya tercium juga musababnya oleh khalayak. Dilansir KompasTekno, Rabu (25/2/2015) dari 9to5mac, Apple disinyalir telah mengakuisisi perusahaan asal Inggris tersebut.

Hal ini terendus dari beberapa fakta yang ditemukan. Camel Audio, misalnya, telah memperbarui informasi perusahaannya, termasuk alamat dan direksi pimpinannya. Informasi itu tertera di Companies House, situs resmi pemerintah Inggris yang menghimpun informasi perusahaan-perusahaan di Inggris.

Dari situs itu, terlihat alamat kantor Camel berada di 100 New Bridge Street, London. Tak lain, alamat itu sama dengan alamat kantor Apple cabang Inggris.

9to5mac Informasi alamat kantor Camel Audio yang diperbarui sama dengan alamat kantor Apple Inggris
Selain itu, Camel juga memperbarui daftar nama direksi perusahaannya. Salah satunya Heather Joy Morisson yang merupakan tim hukum Apple.

9to5mac Daftar nama direksi Camel Audio yang diperbarui, satu di antaranya adalah tim hukum Apple
Walau belum ada konfirmasi ihwal temuan ini, namun menjadi masuk akal jika Apple benar mengakuisisi Camel. Pasalnya, aplikasi musik Apple seperti GarageBand atau Logic Pro X membutuhkan kemampuan efek audio yang dimiliki Camel.

Perlu diketahui, Camel Audio adalah pembuat aplikasi musik kenamaan, Alchemy. Aplikasi tersebut kerap menerima penghargaan karena memiliki pustaka suara yang sangat lengkap, termasuk synthesizer, ribuan plug-in, serta efek suara.

Sebelumnya, pertengahan tahun lalu Apple juga resmi mengakuisisi layanan musik Beats. Selanjutnya, Beats disebut Apple akan bekerja terpisah, tetapi paralel dengan layanan musiknya yang ada saat ini, iTunes.

Langkah Apple mengakuisisi perusahaan yang berhubungan dengan musik mempertegas ambisi Apple untuk menguasai pasar dalam layanan musik dan layanan pembuat musik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com