Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Fitur Baru di OS Apple Berikutnya

Kompas.com - 25/02/2015, 10:42 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber 9to5mac
KOMPAS.com - Awal bulan ini Apple telah merilis versi beta OS X 10.10.3 yang pertama. Selasa (24/2/2015), pemutakhiran untuk versi beta tersebut ditelurkan Apple. Untuk mencobanya, beberapa penguji yang dianggap mumpuni sudah dapat mengakses versi beta 2 OS X 10.10.3 melalui App Store.

Sebagaimana dilaporkan 9to5mac dan dihimpun KompasTekno, Rabu (25/2/2015), ada dua fitur paling mencolok dari pemutakhiran ini, yakni tampilan fitur emoji dan fitur "Photos" pengganti "iPhoto".

Tampilan Emoji Baru

Di era komunikasi digital yang kerap mengharuskan pengguna untuk menyematkan emoji pada percakapan, OS X 10.10.3 melakukan inovasi baru untuk bertukar emoji.

Kini, karakter emoji "manusia" pada OS X 10.10.3 tak hanya mengandalkan keberagaman bentuk dan ekspresi, namun juga keberagaman warna kulit. Misalnya, jika pengguna ingin menyematkan emoji tangan, maka pengguna dapat memilih warna tangan yang diinginkan.

Ada 6 pilihan warna kulit yang tersedia. Secara garis besar terbagi atas putih kemerahan, kuning langsat, dan  coklat gelap. Hal ini memungkinkan komunikasi yang lebih kontekstual dalam upaya penyampaian emosi lewat teks.

Selain penambahan pilihan warna kulit, ada pula penambahan simbol berwujud Apple Watch, yakni jam pintar Apple yang kabarnya akan dirilis April mendatang.

Fitur Photos pengganti iPhoto

Tak banyak berubah dari versi beta I, aplikasi Photos disinyalir akan memiliki unit interface (UI) atau tampilan antarmuka yang dihiasi efek blur dan desain datar. Selain itu, foto disimpan berdasarkan waktu dan tempat gambar dibidik.

Aplikasi ini juga dirumorkan mampu mengedit foto dengan beberapa alat bantu dasar seperti Crop, Rotate, Filters, dan Adjust. Adapula pilihan Auto bagi pengguna yang tak ingin ruwet dalam pengeditan namun ingin hasil foto teredit otomatis dengan tampilan prima.

OS X 10.10.3 ini diharapkan akan meluncur ke khalayak pada kuartal II 2015. Namun, pihak Apple belum memberi kepastian terkait hal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com