Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukungan untuk Ahok, dari Twitter Sampai Facebook

Kompas.com - 27/02/2015, 12:33 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Dukungan untuk Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok datang dari semua penjuru media sosial. Berdasarkan pantauan KompasTekno, Jumat (27/2/2015), tagar #SaveAhok menjadi trending topic (TT) teratas di Twitter untuk wilayah Indonesia.

Hal ini menyusul ketegangan antara Ahok dan DPRD DKI Jakarta. Para netizen tak terima dengan ancaman DPRD DKI untuk melengserkan mantan Bupati Belitung Timur tersebut dari jabatannya.

"Di republik ini manusia berintegritas akan dilawan oleh manusia bajingan, rakyat semakin tahu siapa yang dibela #SaveAhok", begitu tulis pengguna akun @Radithisdyand2.

Kicauan serupa datang dari akun @DennyCagur yang merupakan pelawak kenamaan. "Lebih baik pejabat yang ceplas-ceplos tapi KERJA, daripada yang sopan santun tapi KORUP #SaveAhok", tulisnya.

Tokoh yang cukup terkenal di kalangan pengguna Twitter, @ndorokakung, tak mau ketinggalan menyuarakan dukungannya pada Ahok. "Apakah publik mengelu-elukan #SaveAhok dan #SaveKPK sebagai pedang penebas koruptor?", katanya melalui kicauan.

Seperti diketahui, masalah bermula ketika Ahok secara frontal menolak usulan APBD 2015 yang diajukan DPRD DKI. Menurut Ahok, ada anggaran "siluman" senilai Rp 12,1 triliun dalam draft yang diajukan.

DPRD DKI kemudian menganggap tindakan Ahok melanggar konstitusi karena pria asal Gantong tersebut mengirim draft APBD 2015 ke Kemendagri. Ini dianggap tak ada dalam kesepakatan eksekutif dan legislatif.

Kemarin, 26 Februari 2015, hampir semua anggota DPRD DKI sepakat mengajukan hak angket atas tindakan Ahok yang dianggap "arogan". Hanya fraksi PKB yang tak setuju dengan keputusan mayoritas politisi Kebon Sirih. Pasalnya, PKB lebih memilih menggunakan hak interpelasi.

Selain melalui Twitter, dukungan untuk Ahok juga datang melalui jejaring sosial Facebook dan situs Change.org.

Petisi "Rakyat Jakarta mencabut Mandat DPRD dan Bubarkan DPRD" di Change.org diusulkan oleh Yanto Huang. Dia memasang foto Basuki yang bertuliskan: "Anda Tidak Sendiri, Save Ahok".

Dalam petisinya, Huang mengajak warga Jakarta untuk mencabut mandat terhadap wakil-wakil di DPRD DKI. Sampai pukul 11 tadi, petisi tersebut telah didukung 10 ribuan netizen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com