Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal "Kacamata" Galaxy S6 di Barcelona

Kompas.com - 03/03/2015, 10:41 WIB
Oik Yusuf

Penulis

BARCELONA, KOMPAS.com - Kemunculan duet Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge turut didampingi dengan peluncuran versi baru headset virtual reality dari Samsung yang bernama Gear VR Innovator Edition.

Perangkat yang didesain khusus untuk Galaxy S6 dan S6 Edge ini merupakan head mounted display yang memanfaatkan layar milik kedua smartphone itu untuk memproyeksikan gambar 3D ke mata penggunanya.

Galaxy S6 atau S6 Edge dipasang pada mounting khusus di bagian depan Gear VR Innovator Edition. Navigasi dilakukan dengan memakai touchpad di sebelah kanan perangkat.

Teknologi yang digunakan mirip dengan headset Rift dari Oculus, karena Samsung memang menggunakan teknologi dari perusahaan tersebut pada Gear VR Innovator Edition.

Pihak Samsung mengatakan bahwa Gear VR Innovator Edition 15 persen lebih kecil dibandingkan Galaxy VR generasi pertama yang ditujukan untuk perangkat Galaxy Note 4. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh ukuran layar Galaxy S6 dan S6 Edge yang memang lebih kecil dibandingkan Galaxy Note 4 (5,1 inci, berbanding 5,7 inci pada Galaxy Note 4).

Meski demikian, Gear VR Innovator Edition menjanjikan sajian grafis virtual reality lebih jernih dengan dukungan layar Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge yang tingkat kepadatan pixel-nya mencapai 577 ppi.

Oik Yusuf/KompasTekno
Samsung Gear VR Innovator Edition dipajang di Barcelona, Spanyol, awal Maret 2015.
"Karena kepadatan pixel meningkat 11 persen dibanding Gear VR generasi pertama, grafis yang ditampilkan pun menjadi lebih tajam dan realistis," kata Justin Denison, VP Product Strategy and Marketing Team Samsung America, ketika berbicara dalam acara peluncuran Galaxy S6 dan S6 Edge di Barcelona, Spanyol (1/3/2015).

Ketika KompasTekno coba menjajalnya, Gear VR Inventor edition memang menyajikan kualitas grafis virtual reality yang memukau, seolah menenggelamkan pemakainya dalam alam maya dengan tampilan 3D di segala arah. Soal lebih tajam atau tidak, rasanya sulit menemukan perbedaannya kalau tidak membandingkan langsung dengan Gear VR generasi pertama.

Dengan kehadiran Gear VR Innovator Edition, maka jumlah perangkat Samsung yang mendukung teknologi Virtual Reality bertambah menjadi 3 buah.

Saat ini konten untuk headset Galaxy VR masih belum banyak. Sebagian besar pun masih berupa demo VR, tapi ke depannya diharapkan akan tersedia lebih banyak konten melalui toko Oculus Store.

Samsung belum mengungkapkan harga jual Gear VR Innovator Edition, namun harga perangkat itu diperkirakan tak akan jauh-jauh dari Gear VR generasi pertama yang dihargai 199 dollar AS. Demikian pula dengan tanggal rilisnya yang diperkirakan bakal berdekatan dengan kedatangan Galaxy S6 dan S6 Plus pada 10 April mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com