Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
ADVERTORIAL

Advertorial

Kini Tak Usah Ragu Bayar Konten Seru di Google Play

Kompas.com - 04/03/2015, 09:32 WIB
advertorial

Penulis

Keamanan menjadi alasan utama bagi para pengguna smartphone jika harus berhadapan dengan transaksi online. Misalnya saja saat bertransaksi membeli sebuah aplikasi di Google Play™ Store.

Sistem pembayaran lewat satu billing yaitu melalui pulsa nampaknya dapat menjadi solusi bertransaksi online lewat smartphone. Sehingga, pengguna smartphone dapat mengurangi rasa khawatirnya jika data kartu kredit atau kartu debitnya terkena spam hingga dicuri.

Selain itu, ternyata masih banyak juga pengguna smartphone yang tidak mempunyai akses transaksi lewat kartu kredit atau kartu debit bahkan belum menggunakan layanan perbankan. Bertransaksi di Google Play™ Store dengan cara memotong pulsa saat ini sedang dirintis oleh Indosat yang pada 5 hari lalu baru saja dirilis.

Mereka menamakannya Layanan Carrier Billing Indosat, menurut Andy Zain, Managing Partner Mountain SEA Ventures mengatakan “Kami menyambut dengan gembira akan inovasi yang dilakukan Indosat. Sebelumnya konsumen sering khawatir dengan memberikan informasi kartu kredit mereka. Saat ini dengan penggunaan pulsa untuk bertransaksi, maka pembelian konten online akan semakin lebih mudah dan aman. Hal ini juga mendukung tumbuhnya ekosistem konten digital dengan lebih pesat."

Carrier Billing merupakan metode pembelian aplikasi, content, game dan buku yang dipotong langsung dari pulsa pelanggan prabayar (IM3 dan Mentari) atau ditagihkan dalam tagihan pelanggan paska bayar Indosat (Matrix). Pembelian konten digital menggunakan pulsa ini berlaku bagi pengguna smartphone dengan operating system Android.

Sebelumnya, pelanggan harus memiliki Google Account dan sign-in dengan menggunakan account tersebut. Lalu, pada pilihan “Payment Option”  pilih “Enable Indosat Billing”, maka selanjutnya transaksi di Google Play™ Store akan menggunakan Layanan Carrier Billing Indosat sebagai metode pembayaran.

Pelanggan pun akan semakin nyaman dengan dukungan kualitas Jaringan Baru Indosat, selesainya program Modernisasi Jaringan secara nasional di 23 kota  di seluruh Indonesia akan meningkatkan kualitas jaringan Indosat. Hingga, laporan research J.P. Morgan tanggal 11 November 2014 mengakui bahwa jaringan Indonesia memimpin kecepatan tertinggi untuk download data di 9 kota diantara 17 kota terkemuka di Indonesia. Hasilnya, Jaringan Baru Indonesia berhasil memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan dalam melakukan aktifitas komunikasi data.

Firman Azhari, Pemenang IWIC 2014 sekaligus pengembang aplikasi local berujar, menyatakan bahwa Google Carrier Billing di Indosat adalah terobosan positif dan dapat meningkatkan gaya hidup masyarakat dan mempermudah dalam menggunakan teknologi smartphone. Dirinya mengakui jika sering kali merasa sulit jika ingin membeli aplikasi berbayar di Google Play Store.

President Director dan CEO Indosat, Alexander Rusli mengatakan “Layanan Carrier Billing Indosat dengan Google Play™ Store ini merupakan yang pertama di Indonesia, sehingga kami berharap layanan ini dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pelanggan untuk melakukan pembelian aplikasi, content, game dan buku melalui telepon seluler mereka tanpa perlu menggunakan kartu kredit atau kartu debit. Hadirnya layanan ini juga sebagai wujud komitmen Indosat bagi masyarakat Indonesia bahwa Indosat selalu menciptakan layanan terbaru dan inovatif serta selalu terdepan di banding kompetitornya. Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya Indosat untuk menjadi Operator Telekomunikasi Pilihan bagi para pengguna smartphone.”

Terakhir yang harus diingat adalah setiap pembelian konten digital melalui pemotongan pulsa IM3 atau Mentari ataupun ditagihkan melalui tagihan Matrix pelanggan, harganya akan ditambahkan pajak 10%, sehingga harga yang dikenakan kepada pelanggan akan lebih tinggi 10% dari harga yang tertera di Google Play™ Store. (Adv)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com