Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Resmi Umumkan Android 5.1

Kompas.com - 10/03/2015, 16:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Ilustrasi Android Lollipop

KOMPAS.com - Setelah sebelumnya sempat muncul secara prematur dalam laman Android One Indonesia, kehadiran sistem operasi Android 5.1 "Lollipop" akhirnya resmi diumumkan dalam blog resmi Android.

Sistem operasi ini merupakan penerus dari versi sebelumnya, Android 5.0 yang sama-sama bernama "Lollipop".

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari ArsTechnica, Selasa (10/3/2015), tulisan VP Android Platform Dave Burke dalam blog tersebut menjelaskan bahwa update Android 5.1 “Lollipop” membawa peningkatan stabilitas dan performa.

Ada juga tambahan beberapa fitur baru seperti dukungan multiple-SIM card, Device Protection, dan panggilan suara high-definition (HD Voice) di perangkat yang kompatibel.

“Dengan Device Protection, perangkat yang hilang atau dicuri akan tetap terkunci sampai Anda melakukan login dengan akun Google -bahkan ketika perangkat di-reset sekalipun,” tulis Burke.

Fitur keamanan Device Protection akan tersedia di smartphone Nexus 6 dan tablet Nexus 9, juga sejumlah smartphone dan tablet Android lainnya yang bakal kebagian update Android 5.1.

Sistem operasi Android 5.1 pertama kali muncul dalam smartphone Android One yang diluncurkan di Indonesia, awal Februari lalu lewat tiga ponsel Evercoss One X, Nexian Journey One, dan Mito Impact.

Kemunculannya ketika itu agak mengejutkan karena tidak dibarengi dengan pengumuman resmi dari Google.

Setelahnya, Android 5.1 menyusul nongol dalam perangkat-perangkat Android One yang dipasaran di Filipina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com