Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baterai Apple Watch Bisa Dilepas

Kompas.com - 11/03/2015, 15:03 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Baterai Apple Watch diklaim tahan sepajang hari

KOMPAS.com - Seperti gadget lainnya, performa baterai Apple Watch lambat laun akan menurun seiring dengan semakin banyaknya siklus pengisian ulang. Dalam waktu beberapa tahun, kinerja baterai itu bakal jauh berkurang.

Kalau sudah begini, apakah pemiliknya harus membeli Apple Watch baru?

Ternyata tidak juga. Menurut keterangan yang dirangkum Kompas Tekno dari TechCrunch, baterai jam pintar tersebut bakal bisa diganti, meski bukan oleh penggunanya sendiri alias harus dikirim kembali ke Apple.

Apple tidak merinci berapa persisnya biaya penggantian baterai yang harus dikeluarkan oleh pemilik.

Apple Watch diklaim bisa bertahan seharian dengan skenario penggunaan tertentu, di mana Apple berasumsi bahwa pengguna hanya melakukan "90 pengecekan waktu, 90 notifikasi, pemakaian aplikasi selama 45 menit, dan sesi olahraga selama 30 menit dengan pemutaran musik lewat Bluetooth".

Daya tahan baterai Apple Watch akan turun menjadi hanya tujuh jam apabila dipakai berolahraga dengan menyalakan sensor denyut nadi terus menerus, sementara pemutaran musik secara kontinyu akan membuatnya bertahan selama 6,5 jam saja.

Masalah lainnya terkait "perpanjangan umur" di samping baterai adalah urusan spesifikasi hardware yang agaknya bakal segera tertinggal, mengingat cepatnya laju perkembangan teknologi gadget.

Kebijakan Apple mengenai hal ini belum diketahui. Namun, ada spekulasi bahwa pabrikan tersebut kemungkinan bakal menawarkan opsi upgrade hardware, terutama buat para pemilik Apple Watch Edition (harga mulai Rp 130 juta ke atas) yang tentu tak mau gadget mahalnya jadi basi hanya dalam waktu beberapa tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com