Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia, Smartphone Android Pertama Vaio

Kompas.com - 12/03/2015, 15:14 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber ENGADGET
KOMPAS.com - Vaio benar-benar "bangkit dari kubur". Setelah melepas dua seri laptop terbarunya, brand jebolan Sony tersebut seperti ingin menantang perusahaan lamanya dengan bermain di industri smartphone.

Sekadar informasi, nama Sony juga besar di bisnis ponsel pintar dengan brand Xperia-nya.

Perangkat pertama Vaio sudah bakal beredar, tepatnya pada 20 Maret 2015 mendatang. Akan tetapi, untuk awalnya, produk yang dinamakan Vaio Phone tersebut baru dijual di pasar Jepang saja.

Sebagai perangkat pertama setelah lepas dari bayang-bayang Sony, Vaio Phone tampak biasa-biasa saja. Produk yang satu ini tidak memiliki desain yang benar-benar wah dan spesifikasinya pun tidak terlalu tinggi. Tak ada kesan mewah yang biasanya selalu melekat di produk Vaio.

Vaio Phone memiliki bentuk membulat di setiap ujung ponselnya, dengan permukaan casing yang mengilat atau glossy. Pihak Vaio menyebut desain perangkat tersebut dengan kata "sederhana dan stylish". Secara sepintas, produk tersebut mirip dengan Nexus 4, produk buatan Google bersama dengan LG.

Google
Nexus 4
Produk ini sendiri hadir dengan layar berukuran 5 inci yang mendukung resolusi 720 piksel. Ia dipersenjatai dengan prosesor 1,2 GHz, RAM 2 GB, media penyimpanan internal 16 GB yang dapat ditingkatkan dengan kartu microSD hingga 64 GB, dan baterai 2.500 mAh. Produk ini bakal berjalan di sistem operasi Android 5.0 Lollipop.

Seperti KompasTekno kutip dari Engadget, Kamis (12/3/2015), Vaio Phone dilengkapi dengan kamera utama 13 megapiksel. Tidak dibeberkan informasi ihwal kamera depan dari perangkat tersebut. Pun demikian, tidak dijelaskan juga fitur apa saja yang melengkapi kamera tersebut.

Di Jepang sendiri, Vaio Phone bakal dilepas dengan harga yang cukup tinggi, yakni 51.000 Yen atau sekitar Rp 5,5 juta. Tidak disebutkan, apakah perangkat ini bakal dilepas di pasar Indonesia atau tidak. Akan tetapi, beberapa waktu lalu, tersiar kabar yang menyatakan Vaio akan menjual produk-produknya di luar pasar Jepang.

Sebelumnya, Sony diketahui "menyerah" bermain di pasar bisnis PC. Perusahaan raksasa elektronik asal Jepang ini memutuskan untuk menjual unit bisnis Vaio, produk komputer pribadi Sony, kepada perusahaan investasi Japan Industrial Partners pada Maret 2014.

Perusahaan tersebut pun sudah merilis produk laptop bernama Vaio Z dan Vaio Z Canvas beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com