Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S6 Edge Bakal Tertunda?

Kompas.com - 16/03/2015, 10:29 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Ubergizmo
KOMPAS.com - Smartphone andalan terbaru Samsung, Galaxy S6 Edge, dikabarkan bakal terlambat hadir di pasar. Pasalnya, pabrik rekanan perusahaan asal Korea Selatan tersebut dikatakan kesulitan dalam memproduksi salah satu komponennya. Apakah itu?

Kabar burung yang berkembang di internet, seperti KompasTekno kutip dari Ubergizmo, Sabtu (14/3/2015), menyebutkan, rekanan produksi Samsung mendapatkan kesukaran dalam memproduksi layar lengkung dari Galaxy Edge.

Akibatnya, pabrik-pabrik yang tidak disebutkan namanya itu hanya mampu menghasilkan layar lengkung di bawah 50 persen dari permintaan Samsung.

Samsung sendiri dikatakan sudah memprediksi akan terjadi kesulitan pada pihak produsen. Akan tetapi, Samsung tidak menduga bahwa tingkat kesulitannya bakal setinggi itu.

Apabila laporan tersebut terbukti benar, Samsung Galaxy S6 bisa saja lebih belakangan hadir dari "saudaranya", Galaxy S6. Akan tetapi, masih ada kemungkinan, kedua perangkat tersebut hadir bersamaan di pasar, meski jumlah Galaxy S6 versi Edge tersedia lebih sedikit ketimbang S6.

Selain itu, terdapat laporan yang membeberkan, layar lengkung tersebut ternyata memiliki label harga yang tinggi dari pabrik. Per satu layar, Samsung dikatakan harus membayar sekitar 25 dollar AS.

Tingginya harga layar tersebut disebabkan tingkat kesulitan pencetakan layar lengkung dan juga sedikitnya hasil produksi yang mampu dikerjakan.

Tidak diketahui apakah tingginya harga layar tersebut akan mempengaruhi harga awal yang sebenarnya sudah ditetapkan oleh Samsung atau tidak.

Galaxy S6 dan Galaxy S6 Edge diperkenalkan oleh Samsung dalam sebuah acara khusus yang dinamakan Unpacked 2015 pada awal Maret 2015 yang lalu.

Meski sama-sama menggunakan layar 5,1 inci, desain dari kedua layarnya sedikit berbeda. Apabila Galaxy S6 hadir dengan layar mendatar, Galaxy S6 Edge memiliki layar sedikit melengkung di kedua sisinya.

Selain dimensi, perbedaan keduanya terletak dalam hal kapasitas baterai yang dimiliki. Galaxy S6 memiliki baterai kapasitas 2.550 mAh, sementara S6 Edge kapasitasnya sedikit lebih besar, 2.600 mAh.

Baterai yang diusung juga tipe baterai yang tidak bisa dilepas, atau menganut desain unibody. Samsung juga tidak menyertakan slot kartu microSD dalam Galaxy S6 dan S6 Edge, namun Samsung menyediakan tiga versi kapasitas penyimpanan internal yang berbeda, yaitu 32 GB, 64 GB, dan 128 GB.

Pihak Samsung sendiri menyebut bahwa Galaxy S6 sebagai smartphone pertama di dunia dengan layar lengkung di kedua sisinya.

Dari segi spesifikasi, keduanya sama-sama hadir dengan prosesor 64-bit octa core, yang terbagi menjadi 2,1 GHz quad-core, dan 1,5 GHz quad-core.

Untuk kameranya, duo smartphone unggulan Samsung itu memiliki kamera utama 16 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com