Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan XL Diklaim Siap untuk 4G Tahap Dua

Kompas.com - 16/03/2015, 14:57 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata (XL) mengklaim jaringannya saat ini telah siap untuk mengimplementasikan layanan 4G di frekuensi 1800 MHz.

Hal tersebut diungkapkan oleh Rashad Javier Sanchez, Act. Chief Revenue & Customer Management XL.

"Ketika nanti teknologi netral di frekuensi 1800 MHz telah siap digunakan untuk layanan 4G, maka XL sudah siap untuk memperluas jangkauan ke berbagai daerah," demikian ujar Rashad dalam acara jumpa media di Jakarta, Senin (16/3/2015).

XL saat ini memang telah menggelar layanan 4G di beberapa kota, seperti Bogor, Yogyakarta, Medan, Surabaya, dan Bandung. Namun layanan 4G tersebut menggunakan frekuensi 900 MHz.

Sementara untuk layanan 4G di frekuensi 1800 MHz, XL baru melakukan uji coba (trial) di beberapa wilayah di Jakarta. Uji coba tersebut akan dilakukan hingga akhir Maret ini.

"Lalu lintas data tumbuh sangat pesat di Indonesia, pelanggan data XL sendiri naik 120 persen year on year tahun ini dibanding tahun lalu," ujar Rashad.

Untuk menyiapkan infrastruktur 4G, XL telah melakukan upaya peningkatan kualitas jaringan di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Malang, Surabaya, dan Denpasar.

XL mengklaim modernisasi jaringan dengan upgrade BTS yang dilakukannya saat ini telah mencapai 90 persen dari total 52.000 BTS (3G/2G) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Dengan demikian, XL mengklaim seluruh jaringan XL telah siap untuk digunakan menggelar layanan 4G di frekuensi 1800 MHz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com