Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WonderCube Gabungkan 7 Aksesori Smartphone

Kompas.com - 18/03/2015, 09:51 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber CNET
KOMPAS.com - Smartphone tak ubahnya perangkat wajib pakai bagi masyarakat modern yang ingin hidup lebih praktis. Namun, memiliki smartphone berarti harus pula memiliki aksesori-aksesori pelengkapnya. Sebut saja charger, power bank, card-reader, dan kabel USB. Tanpa perangkat tambahan tersebut, smartphone akan kehilangan "keperkasaannya".

Nah, berangkat dari keruwetan itu, Mutants Design Lab menggagas sebuah ide untuk menyatukan semua fungsi aksesori smartphone dalam satu alat. Belakangan, alat ini dinamakan WonderCube".

"Kecil-kecil cabe rawit". Ungakapan tersebut barangkali tepat menggambarkan alat berukuran 1 inci kubik tersebut. Dilansir KompasTekno, Selasa (17/3/2015) dari Cnet, WonderCube bisa mengakomodir tujuh fungsi sekaligus, berikut penjabarannya.

WonderCube
WonderCube dapat difungsikan sebagai alat pengisian daya
Pertama, sebagai alat pengisian daya cepat. Kini pengguna tak perlu ruwet melilit dan menggelar kabel charger yang panjang. Cukup dengan kabel charger sepanjang 3 inci yang terlipat di dalam WonderCube, pengguna dapat menancapkan alat charger ke berbagai port sambungan untuk menyerap daya.

WonderCube
WonderCube dapat difungsikan sebagai alat penyandar smartphone
Kedua, sebagai alat penyandar smartphone. Ketika akan melakukan panggilan video lewat Skype, pengguna kadang ruwet menumpuk buku sebagai sandaran smartphone agar tak harus memegang dengan tangan. Kini, cukup sematkan WonderCube di belakang smartphone dan perangkat tersebut tak bakal jatuh.

WonderCube
WonderCube dapat difungsikan sebagai alat pembaca kartu memori
Ketiga, sebagai alat pembaca kartu memori. Saat sedang bepergian, terkadang pengguna ingin memindahkan foto-foto dari kamera langsung ke smartphone. WonderCube menjadi solusi untuk ini. Pengguna bisa mentransfer data di kartu memori dari dan ke smartphone.

WonderCube
WonderCube dapat difungsikan sebagai power bank
Keempat, sebagai power bank. Dengan baterai berkapasitas 9V, pengguna tinggal menancapkannya pada WonderCube dan menghubungkannya ke smartphone. Sehingga, power bank yang berukuran besar dan berat tak perlu lagi dibawa ke mana-mana.

WonderCube
WonderCube dapat difungsikan sebagai alat sinkronisasi data
Kelima, sebagai kabel USB. Untuk sinkronisasi data smartphone dan laptop, WonderCube bisa dijadikan alat yang lebih praktis ketimbang kabel USB standar yang meliuk-liuk.

WonderCube
WonderCube dapat difungsikan sebagai senter
Keenam, sebagai senter kecil. Jika sedang berkemah di tengah hutan, WonderCube bisa menjadi senter untuk menerangi. Pengguna kini lebih praktis untuk menyalakan cahaya ketimbang harus memboyong senter yang berat.

WonderCube
WonderCube sebagai gantungan kunci agar kunci tak tercecer. Sama halnya aksesoris-aksesoris smartphone tak tercecer.
Ketujuh, sebagai gantungan kunci. Dalam menopang semua fungsi yang tertera sebelumnya, pengguna dapat menjadikan WonderCube sebagai gantungan kunci yang tak makan tempat. Tak ada lagi kunci-kunci dan aksesori-aksesori smartphone yang tercecer.

WonderCube baru diluncurkan di situs penghimpun dana Indiegogo. Untuk mendistribusikan produk ini, pengembang membutuhkan dana 50.000 dollar AS atau setara Rp 660 juta. Saat ini, dana yang terkumpul baru 10.000 dollar AS atau Rp 132 juta.

Direncanakan, WonderCube sudah bisa dipasarkan Agustus mendatang. Bagi yang ingin memesan dari sekarang di situs Indiegogo, alat ini dibanderol dengan harga 45 dollar AS atau sekitar Rp 600.000. Ke depannya, pengembang bakal mematok harga 69 dollar As atau setara Rp 900.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com