Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Penampakan Xiaomi Mi4 Pakai Windows 10

Kompas.com - 20/03/2015, 17:01 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft membuat sebuah eksperimen kejutan. Raksasa piranti lunak itu menguji sistem operasi Windows 10 di smartphone Android.

Mereka menyematkan Windows 10 tersebut ke dalam ROM (read only memory) yang digunakan oleh perangkat Android Xiaomi. Hasilnya, uji coba yang menggunakan smartphone Xiaomi Mi 4 itu berhasil.

Kabar tentang Xiaomi Mi 4 yang mengadopsi Windows 10 itu pun tersiar. Setidaknya, seperti dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (20/3/2015), empat bocoran foto berikut ini beredar dan menunjukkan hasil uji coba itu.

Foto pertama menampilkan layar Xiaomi Mi 4 berhasil menampilkan layar pembuka Windows 10. Kemudian pada foto kedua tampak laman media sosial dan sebuah video musik yang sedang diputar.

Phone Arena
Xiaomi Mi4 menggunakan sistem operasi Windows
Foto ketiga menunjukkan laman aplikasi yang sedang terbuka. Di situ terlihat user interface berbentuk tile yang memuat kamera, Xbox Games, video, radio FM, wallpaper, musik, serta berkas download.

Phone Arena
Xiaomi Mi4 yang menggunakan sistem operasi Windows 10
Konfirmasi Xiaomi

Xiaomi Mi 4 yang menggunakan sistem operasi Windows 10 tersebut memang benar-benar ada dan sempat disebut sebagai buah kerja sama perusahaan Tiongkok itu dengan Microsoft. Namun, akhirnya Hugo Barra, Vice President Global Xiaomi angkat bicara tentang smartphone ini.

"Windows 10 ini tidak akan berjalan di atas Android atau sebagai pilihan dual-boot. Sejumlah kecil pengguna Mi 4 dari Xiaomi Forum di Tiongkok, yang memilih untuk mengambil bagian dari program ini, harus secara manual melakukan re-flash perangkat Mi 4 dengan ROM Windows 10, dengan cara yang sama seperti proses re-flash ROM Android lain," tulis pria itu dalam akun Google Plus-nya.

Barra memang menolak menyatakan ada kemitraan dengan Microsoft, tapi dia mengakui bahwa Xiaomi mendorong eksperimen terhadap hal-hal baru. Hal inilah yang menyebabkan perusahaan Tiongkok tersebut tidak menyegel fitur bootloader, cara yang digunakan MiFans untuk re-flash ROM Android.

"Itulah mengapa, Xiaomi menyambut anggota tim Microsoft untuk berinteraksi langsung dengan anggota Xiaomi Forum di Tiongkok," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com