Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Windows 10 Punya Fitur "Intip" Kegiatan Pengguna

Kompas.com - 23/03/2015, 12:43 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Serangkaian screenshot mengungkap keberadaan fitur "intip pada Windows 10 versi smartphone. Sistem operasi buatan Microsoft itu mampu mencatat kegiatan penggunanya.

Kemampuan tersebut diperoleh melalui sensor yang ada di dalam perangkat bersistem operasi Windows 10 untuk smartphone. Sensor tersebut tidak hanya satu jenis, melainkan ada beberapa dengan berbagai macam kegunaan.

Seperti dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Senin (23/3/2015), sensor-sensor baru yang dimaksud antara lain berupa barometer; proximity (deteksi keberadaan orang); long range; custom sensors; environmental (suhu, kelembaban, kadar karbondioksida, hingga intensitas sinar UV).

Phone Arena
Sejumlah fitur yang kemungkinan bisa digunakan dengan memanfaatkan sensor baru pada Windows Phone 10
Selain itu, ada juga sensor biometric untuk mengukur detak jantung; pelacak aktivitas untuk menentukan apakah pengguna sedang berlari, berjalan atau bersepeda; altimeter untuk mengukur ketinggian dan pedometer untuk mencatat langkah.

Soal fungsi sensor, contohnya ketika penggunanya bergerak maka pelacak aktivitas akan mendeteksi apakah gerakan tersebut berlari, mengendarai sepeda, berjalan atau mengemudi mobil. Sensor juga bisa medeteksi apakah sedang digenggam tangan pengguna atau tidak.

Deteksi tersebut termasuk membaca situasi ponsel, sedang berada di balik kantung pakaian, celana, atau jaket. Kemudian bisa juga membaca apakah pponsel dsedang di dalam tas tangan, dompet atau tas punggung.

Semua aktivitas pengguna selama 30 hari terakhir dapat diawasi serta dicatat menggunakan semua sensor-sensor tersebut.

Bukti keberadaan sensor ini diketahui dari screenshot sebuah ponsel yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Screenshot tersebut diketahui muncul dalam presentasi di Windows Hardware Engineering Community (WinEHC) di Shenzhen, Tiongkok beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com