Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Internet Indonesia Tembus 88 Juta

Kompas.com - 26/03/2015, 14:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah pengguna internet di Indonesia sepanjang tahun 2014 naik sebesar enam persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut data yang dirilis oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), jumlah pengguna internet pada tahun 2014 sebesar 88,1 juta. Angka tersebut naik dari 71,2 juta di tahun sebelumnya.

"Peningkatan ini banyak terjadi dari pengguna yang mengakses internet dari perangkat seluler," ujar Ketua Umum APJII, Samuel A. Pangerapan saat ditemui KompasTekno di kantor APJII di Jakarta, Kamis (26/3/2015).

Lebih lanjut, pria yang kerap disapa Sammy tersebut menjelaskan, jumlah pengguna internet dari perangkat seluler tahun 2014 naik menjadi 85 persen dibanding tahun sebelumnya yang sebesar 65 persen.

Namun demikian, APJII mendesak pemerintah untuk memperhatikan pembangunan infrastruktur jaringan kabel. "Jangan sampai pengakses internet hanya dari seluler nanti,  karena kita tahu kecepatan seluler itu terbatas," katanya.

"Kalau untuk penetrasi dan penyebaran, seluler memang lebih unggul, namun kalau soal kecepatan (kabel) memang harus menggunakan optik," ujar Sammy.

Soal kecepatan, APJII mengaku belum bisa mendata berapa kecepatan rata-rata internet di Indonesia dengan alasan pelanggan internet belum bisa menentukan berapa kecepatan internetnya.

"Mereka belum bisa membedakan yang mana yang broadband, mana yang enggak," ujar Sammy.

"Kalau pakai data ISP, mereka klaimnya angkanya gede-gede, padahal kenyataannya kan tidak begitu," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com