Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Doyan "Kicaukan" Politik, Makanan, dan Travel

Kompas.com - 27/03/2015, 15:16 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Ilustrasi

KOMPAS.com - Indonesia adalah salah satu basis pengguna terbesar untuk Twitter dengan angka pengguna mencapai kisaran 50 juta, menurut CEO Twitter Dick Costolo. Pengguna Twitter (tweeps) Tanah Air pun tergolong doyan berkicau lewat layanan microblogging tersebut.

Soal ini, Business Head Twitter Indonesia Rick Mulia mengatakan ada tiga hal yang menjadi favorit pengguna Twitter di Indonesia dan paling sering muncul dalam tweet.

"Ketiga topik itu adalah politik, makanan, dan travel," kata Rick ketika dijumpai Kompas Tekno usai acara media roundtable dengan CEO Twitter Dick Costolo di Jakarta, Kamis (26/3/2015).

Saking seringnya tweeps Tanah Air berkicau seputar tiga topik tersebut, tweet dari Indonesia seringkali mendominasi jagat Twitter secara global. Rick mencontohkan tahun lalu, dimana Indonesia tercatat sebagai sumber tweet terbesar kedua di dunia.

"Ketika itu, pada masa pemilu, tweet soal pilpres, terutama yang menyangkut Presiden Jokowi, menjadi yang terbanyak kedua. Hanya kalah dari tweet piala Oscar," kata Rick.

"Itu menunjukkan betapa aktifnya pengguna Twitter di Indonesia. Kami merasa senang karena menjadi platform untuk semua percakapan tersebut," imbuh dia.

Di Indonesia, Twitter baru membuka kantor yang berlokasi di bilangan SCBD, Jakarta. Lewat kantor ini, Twitter berupaya lebih mendekatkan diri dengan tren dan isu lokal di Tanah Air, juga dengan pengguna, rekanan bisnis, dan stakeholder lain yang terlibat dalam conversation di layanan microblogging tersebut.

Rick mengaku Twitter baru memiliki dua orang pegawai di Indonesia. "Selain saya, ada seorang lagi yang menjadi pimpinan marketing," katanya tanpa menyebut nama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com