Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emvio, Jam Pintar Pendeteksi Stres

Kompas.com - 31/03/2015, 12:25 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Ubergizmo
KOMPAS.com - Sebuah perusahaan bernama Emvio membuat sebuah jam tangan pintar dengan fitur yang tampak berbeda dari biasanya. Produk yang juga hadir dengan nama Emvio ini nantinya bisa mendeteksi apakah penggunanya sedang dalam keadaan stres atau tidak.

Seperti KompasTekno kutip dari Ubergizmo, Selasa (30/3/2015), ini merupakan jam tangan pintar pertama di dunia dengan fitur tersebut.

Cara bekerja dari fitur tersebut tidaklah terlalu rumit. Ia mampu mendeteksi detak jantung dari penggunanya. Uniknya, jam ini bisa membedakan keadaan detak jantung penggunanya, apakah ia benar-benar stres atau hanya karena sedang berolahraga.

Nantinya, keadaan penggunanya tersebut akan dinilai dari skala 1 hingga 10. Nilai 1 menandakan keadaan di mana pengguna dalam keadaan relaks dan 10 di mana sedang dalam keadaan sangat stres.

Tingkat stres tersebut bisa saja diperlihatkan di layar Emvio ini. Akan tetapi, pengguna juga bisa mengatur agar layar jam tidak memperlihatkan level stres. Harapannya, tentunya, agar tidak semua orang "mengintip" keadaan si pemakai jam.

Smartwatch ini juga akan bergetar apabila mendeteksi penggunanya sedang dalam keadaan stres. Tentunya, saat menerima "getaran" tersebut, pengguna hanya perlu diam sebentar, menarik nafas, dan relaks agar tidak terus dalam keadaan stres.

Jam tangan pintar Emvio ini sedang dalam proyek pendanaan di situs crowdfunding Kickstarter. Emvio menargetkan pendanaan sebesar 250.000 dollar AS untuk proyek tersebut.

Hingga berita ini ditulis, Emvio sudah mendapatkan dana sebesar 22.400 dollar AS dengan sisa hari proyek selama 22 hari lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Ubergizmo

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com