Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Riff, Aplikasi Bikin Video Keroyokan

Kompas.com - 03/04/2015, 14:15 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Konektivitas agaknya benar-benar menjadi prinsip Facebook dalam menelurkan produk. Hari ini, Kamis (2/4/2015), jejaring sosial tersebut merilis aplikasi berbagi video "Riff".

Agaknya, Facebook tak hanya ingin menghubungkan orang-orang di seluruh belahan dunia. Lebih jauh, layanan yang didirikan Mark Zuckerberg ini hendak memelihara keriaan pertemanan yang telah terjalin. Riff mengakomodir kebutuhan tersebut.

"Bersenang-senang dengan teman adalah pengalaman yang ingin diberikan Facebook," kata Product Manager Facebook Josh Miller, sebagaimana dikutip KompasTekno, Kamis (2/4/2015) dari situs Newsroom Facebook.

Secara garis besar, Riff adalah kloning dari Snapchat. Bedanya, Riff menggunakan kemampuan tagar untuk menambah keseruannya. Selain itu, jika Snapchat mengakomodir pembuatan dan pembagian video secara personal, Riff lebih mengandalkan pembuatan video secara "keroyokan" atau kolaboratif.

"Proses kreatif dari kolaborasi pengguna akan lebih seru dan hasil final video lebih keren," kata Miller.

Cara menggunakan Riff cukup sederhana. Siapa saja bisa mulai membuat satu video. Setelahnya, Anda cukup memberi tagar untuk topik video. Misalnya tagar #AprilMop, mengingat kemarin adalah peringatan hari "guyonan" sedunia tersebut.

Usai mengunggah video, teman Anda dapat melihat video dengan tagar itu. Teman Anda pun bisa membuat video untuk menyambung video Anda. Teman dari teman Anda kemudian juga diizinkan melanjutkan video dengan tagar serupa.

Seperti tali yang saling menyambung, video dengan topik yang Anda unggah akan banyak direspon dengan video pula. Akhirnya, semua bakal tergabung menjadi satu kolaborasi yang bisa jadi lucu, keren, konyol, atau apapun itu. Intinya adalah "kolaborasi bersama teman," kata Miller.

Proyek video bersama teman selingkaran itu paling lama berdurasi 20 detik. Hasilnya akhirnya bisa ditautkan ke akun Facebook atau ke situs-situs lainnya yang eksis di jagat maya.

Saat ini, aplikasi "iseng" tim Facebook ini sudah tersedia di toko aplikasi Play Store dan App Store. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com