Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Massa Bayaran di Pameran Galaxy S6?

Kompas.com - 06/04/2015, 10:55 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber GSM Arena
KOMPAS.com - Koran Shanghai, The Paper, mengabarkan bahwa Samsung mengerahkan massa bayaran untuk mendatangi acaranya yang digelar untuk memamerkan perangkat smartphone unggulannya, Galaxy S6 dan S6 Edge di Tiongkok.

Acara yang dilakukan beberapa hari lalu itu diperkirakan dihadiri oleh 1.000-an orang, separuhnya diduga adalah pengunjung bayaran.

Menurut GSM Arena, seperti dikutip KompasTekno, Samsung mencari orang-orang dengan umur di bawah 30 tahun dengan penampilan seperti pelajar dan mahasiswa.

Orang-orang tersebut dibayar sebesar 4,80 dollar AS bagi yang menghabiskan waktu di acara Samsung, selama lebih dari satu jam.

Salah satu pengunjung yang datang mengatakan bahwa ia datang karena melihat iklan yang beredar di WeChat, aplikasi pesan instan yang populer di Tiongkok.

Dari iklan di WeChat itu, ia tahu bakal dibayar sebesar 8,14 dollar AS untuk hadir di acara tersebut selama 15 menit.

Setiap pengunjung bayaran yang datang harus memotret dirinya sendiri, menyediakan nama dan nomor telepon di WeChat. Namun, menurut The Paper, mayoritas pengunjung yang datang memotret perangkat Galaxy S6 dan S6 Edge dengan menggunakan iPhone mereka.

Selain itu, mereka juga harus me-Like halaman resmi Samsung Galaxy di jejaring sosial Baidu.

Perekrut atau orang yang bisa mengajak teman lain untuk datang di acara Samsung dilaporkan mendapat bayaran 3,20 dollar AS untuk setiap satu orang yang diajak.

Masa bayaran tersebut dilaporkan harus mengatakan kepada jurnalis yang juga datang di acara tersebut bahwa mereka tertarik pada smartphone terbaru buatan Samsung itu.

Samsung sendiri membantah pemberitaan tersebut. Menurut Samsung, orang-orang yang datang di acara tersebut memang diundang secara formal.

Samsung juga mengatakan bahwa koran Shanghai The Paper telah menarik pemberitaan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GSM Arena

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com