Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrikan Kamera Ikut-Ikutan Bikin Tongsis

Kompas.com - 07/04/2015, 07:33 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber PetaPixel
MP001, tongsis dari Nikon

KOMPAS.com - Nikon rupanya tak mau ketinggalan dengan trend selfie yang mewabah di berbagai belahan dunia. Pabrikan kamera asal Jepang itu pun memperkenalkan produk selfie stick alias “tongsis” bernama Nikon MP001.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari PetaPixel, tongsis ala Nikon ini ditujukan untuk dipakai bersama jajaran kamera saku seri Coolpix buatan brand yang sama.

Tongsis tersebut panjangnya sekitar 70 cm ketika direntangkan secara penuh. Bobotnya sekitar 200 gram, serta disebutkan bisa menopang kamera dengan berat hingga 400 gram.

Di bagian gagangnya terdapat lapisan foam agar sang tongsis bisa dipegang dengan mantap oleh penggunanya.

Nikon MP001 agak tertinggal dibanding tongsis lain yang pada umumnya ditujukan untuk dipakai bersama smartphone.

Ia tidak dilengkapi dengan mekanisme shutter release macam yang terdapat pada tongsis dengan fasilitas Bluetooth.

PetaPixel Tongsis Nikon MP001

Penggunanya pun harus memikirkan cara lain untuk menjepret foto, misalnya dengan memakai timer kamera atau remote control yang dibeli terpisah.

Nikon termasuk agak telat masuk ke segmen aksesori ini karena tongsis sudah mulai banyak dilarang penggunaannya di berbagai tempat.

Museum-museum di Perancis, misalnya, telah mulai melarang pengunjung menjepret selfie dengan tongsis karena dikhawatrkan menyenggol benda-benda seni yang harganya tak ternilai.

Demikian pula dengan konser-konser musik yang mulai mengambil sikap keras pada pengunjung yang memakai tongsis lantaran alat itu dinilai mengganggu pandangan orang lain. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com