Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Kini Bisa seperti VSCO Cam

Kompas.com - 08/04/2015, 10:33 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Instagram memutakhirkan layanannya ke versi 6.19.0. Layanan berbagi foto ini berupaya memenuhi kebutuhan penggunanya untuk pengolahan hasil jepretan yang lebih detail.

Daripada menyediakan pilihan saringan (filter) baru, Instagram memilih mengakomodir fitur pengolahan foto secara manual.

Dilansir KompasTekno, Rabu (8/4/2015) dari AndroidAuthority, ada dua fitur modifikasi yang menjadi andalan versi ini. Instagram menamainya sebagai peluncur Color dan peluncur Fade.

Peluncur Fade memungkinkan pengguna untuk memperlembut warna foto sebelum diunggah ke akun Instagram. Dilihat dari hasil pengeditannya, modifikasi ini sama dengan pilihan mengedit tingkat saturasi pada beberapa aplikasi pengolahan populer.

Sementara itu, peluncur Color lebih "agresif" menunjukkan perubahan impresi pada suatu gambar. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mewarnai titik bayangan atau titik terang foto.

Warna yang tersedia pada Color antara lain kuning, jingga, merah, merah muda, ungu, biru, dan hijau.

AndroidAuthority Instagram kini sediakan 2 pengeditan kustomisasi


Fitur olah foto Fade dan Color ini bukanlah inovasi baru dari Instagram. Layanan pengedit foto VSCO Cam dan Snapseed sebelumnya telah menyediakan kemampuan serupa.

Agaknya, Instagram ingin penggunanya tak ruwet dalam pengeditan. Pengguna tak perlu lagi membuka aplikasi pengeditan lain sebelum mengunggah foto.

Saat ini, versi teranyar Instagram baru tersedia untuk perangkat Android. Pengguna sudah bisa mengunduhnya di Play Store. Versi iOS sedang digodok oleh tim Instagram dan dijanjikan bakal meluncur dalam beberapa minggu ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com