Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DJI Phantom 3, Drone Pintar dengan Kamera 4K

Kompas.com - 09/04/2015, 20:14 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - DJI Phantom dikenal sebagai seri drone yang berjasa ikut mendongkrak popularitas wahana terbang tersebut di kalangan pengguna umum. Kini pembuatnya telah memperkenalkan drone Phantom generasi ketiga yang lebih canggih dibandingkan model terdahulu.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari ArsTechica, Kamis (9/4/2015), drone bernama Phantom 3 itu dibekali dengan kamera yang sanggup merekam video dengan bidang pandang selebar 94 derajat sebagai fitur standar.

Phantom 3 terdiri dari 2 model, yakni "Profesional" dan "Advanced". Perbedaannya terletak pada kemampuan kamera, di mana versi Profesional bisa menangkap video 4K sementara Advanced dibatasi di resolusi Full-HD (1920x1080).

Berbeda dari model Inspire 1 buatan perusahaan yang sama kamera pada Phantom 3 tak dapat dilepas untuk diganti dengan kamera lain, misalnya GoPro. Tapi unit kamera milik drone ini dilengkapi fitur "anti goyang" dengan stabilizing gimbal.

Phantom 3 juga lebih "pintar" dengan sistem navigasi Vision Positioning System yang diboyong dari Inspire 1.

Sistem ini memanfaatkan gelombang ultrasonik dan data visual untuk membantu drone menentukan posisinya di dalam ruangan atau tempat-tempat lain yang tidak tertembus GPS. Ia juga bisa mengetahui ketinggian drone dari tanah sehingga bisa terbang rendah tanpa celaka.

Peningkatan-peningkatan lain mencakup tenaga dan daya tahan baterai lebih lama, serta remote control baru yang menyajikan live view pandangan drone dari jarak hingga 2 KM.

Phantom 3 Profesional dijual seharga 1.260 dollar AS, sementara Phantom 3 Advanced dihargai 1.000 dollar AS. Rekaman aksinya bisa dilihat dalam video promosi di bawah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com