Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Indosat Bisa Gratis Buka Facebook dan 14 Situs

Kompas.com - 17/04/2015, 16:52 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Internet.org, sebuah inisiasi dari Facebook untuk memberikan akses internet gratis kepada masyarakat luas, resmi berekspansi ke Indonesia, Jumat (17/4/2015). Di Tanah Air, Facebook bekerjasama dengan operator seluler Indosat untuk menghadirkan layanan tersebut.

Kini, pengguna jaringan Indosat, seperti Mentari, Matrix, dan IM3, bisa mengakses konten dan aplikasi yang ikut dalam program Internet.org secara gratis.

Saat dicoba KompasTekno dari ponsel dengan kartu Indosat, total untuk saat ini tersedia 14 konten yang bisa diakses secara gratis. Adapun, jenis konten yang disediakan terdiri dari situs belanja, portal berita dan hiburan, serta informasi karir dan olah raga.

Pengguna juga bisa mengakses situs jejaring sosial Facebook secara gratis. Belum diketahui, kapan pihak Indosat dan Facebook bakal menambah konten cuma-cuma lainnya.

Yang harus diperhatikan supaya bisa gratis dalam mengakses situs-situs di atas, pengguna harus memulai "browsing" dengan masuk ke situs Internet.org, www.internet.org. Tautan Facebook dan 14 situs akan tersedia di laman internet.org.

Facebook dan 14 situs di atas juga dapat diakses gratis lewat aplikasi Android Internet.org yang bisa diunduh dari Play Store.

Internet.org adalah inisiasi yang diprakarsai Facebook untuk menyediakan akses internet ke daerah-daerah terpencil yang belum terjamah. Dalam hal ini, Facebook bekerjasama dengan para pimpinan teknologi, komunitas nirlaba, dan komunitas lokal daerah setempat.

Layanan ini juga diharapkan bisa menurunkan harga akses internet agar bisa diakses lebih banyak orang.

Berikut 15 situs, termasuk Facebook, yang bisa diakses secara gratis melalui layanan Internet.org.

1. AccuWeather
2. Ask.com
3. BabyCenter & MAMA
4. Bola.net
5. Facebook
6. Girl Effect
7. JobStreet.com
8. KapanLagi
9. Kelase
10. Merdeka.com
11. OLX
12. Penuntun Hidup Sehat - UNICEF
13. Tokopedia
14. Wattpad
15. Wikipedia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com