Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Bikin Aplikasi untuk Apple Watch

Kompas.com - 20/04/2015, 12:08 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Instagram sedang menggodok versi aplikasinya untuk Apple Watch. Pergerakan ini cukup mengundang perhatian. Pasalnya, selama ini Instagram menunjukkan gelagat enggan berekspansi ke ranah perangkat wearable.

Kacamata pintar ciptaan Google, Google Glass, dan arloji pintar yang beredar di pasaran selama ini tak pernah berhasil menggaet Instagram untuk menciptakan aplikasi yang sesuai. Disinyalir, ini dikarenakan dominasi Instagram yang sudah mapan pada smartphone dan tablet.

Namun, Apple selalu membawa perubahan dan mengubah cara hidup masyarakat dalam dunia teknologi. Saat ini, sudah banyak selebritas yang mengunggah fotonya di Instagram sedang menggunakan Apple Watch.

Di antaranya penyanyi Pharell Williams dan Katy Perry. Biasanya, jika figur publik menggunakan sesuatu, massanya bakal terinspirasi untuk turut menggunakan benda yang sama. Jika sudah begitu, produk tertentu bakal jadi populer.

Instagram tampaknya mengendus ancang-ancang maraknya Apple Watch di tengah masyarakat urban. Untuk itu, media sosial penghimpun foto ini tergerak membuat aplikasi khusus untuk Watch.

Walau, tentu membuat ulang konsep aplikasi berbasis foto pada layar sekecil Watch memiliki tantangan sendiri.

"Kami bakal buat linimasa yang sesederhana mungkin. Saya pikir pengguna Watch membutuhkan informasi dan notifikasi cepat. Itu mendasari cara menggodok aplikasi ini," kata perancang aplikasi Instagram Ian Silber, sebagaimana dilaporkan PatentlyApple dan dikutip KompasTekno, Senin (20/4/2015).

Silber juga mengatakan, pengembangan Watch sangat seru namun perancangannya terbatas. "Pengguna tak ingin aplikasi dengan sejuta fitur di Watch. Pengguna ingin melihat layar yang menyampaikan informasi paling penting," katanya. Selain Instagram, ribuan aplikasi Watch dikabarkan bakal siap dirilis Jumat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com