Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan Pertama Menggenggam Lenovo P90

Kompas.com - 21/04/2015, 10:46 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lenovo P90 pertama kali diperkenalkan pada pagelaran Consumer Electronic Show (CES) 2015 di Las Vegas, Februari lalu. Di Indonesia, phablet kelas premium ini bisa dipesan online sejak awal Maret lalu.

Hari ini, Senin (20/04/2015), KompasTekno mendapat kesemaptan mengulik singkat Lenovo P90 di People's Cafe, Grand Indonesia Mall. Berikut beberapa kesan pertama yang dirasakan.

Sederhana dan elegan

Menyasar kelas menengah ke atas, terasa kesan elegan saat mengenggam Lenovo P90. Phablet ini mengusung layar 5,5 inci yang dikelilingi bingkai hitam mengkilap.

Keempat siku bingkainya sedikit melengkung, mengisyaratkan desain yang tak kaku. Di atas layar terpatri logo Lenovo berwarna perak apik berpadu dengan kilauan bingkai layar. Tersemat kisi-kisi speaker telepon di atas logo tersebut.

Sebuah kamera 5 megapiksel bertengger di sebelah kanan logo. Kamera ini mumpuni untuk membidik gambar mandiri (selfie). Mengoperasikan layanan video call pun lebih jernih dan jelas di bawah cahaya yang memadai.

Fatimah Kartini Bohang Tampilan fisik Lenovo P90
Fatimah Kartini Bohang Tampilan fisik Lenovo P90

Tak terlihat tombol fisik di permukaan depan P90, sehingga desainnya tampak jauh dari sebutan neko-neko. Hanya ada 3 tombol sentuh di bawah layar, yakni tombol "home", " back", dan "menu". Saat menyalakan perangkat, ketiga tombol sentuh bakal menyala.

Beberapa tombol fisik tersemat di sisi kiri perangkat. Ada tombol pengatur volume dan tombol daya. Di sisi kanan, perangkat ini bersih dari tombol. Ketebalan perangkat dari sisi samping hampir mencapai 1 cm.

Di sisi atas, ada port untuk perangkat audio 3,5 mm. Posisinya di sisi bawah tersemat kisi-kisi loudspeaker.

Di sisi belakang, bahan plastik yang lumayan licin namun tak mengkilap melindungi baterai yang menyatu dengan tubuh ponsel. Pada pucuknya, bertengger kamera utama beresolusi 13 megapiksel. Di bawah kamera, ada flash untuk menyiasati pengambilan gambar dan video di tempat minim cahaya.

Spesifikasi berbeda dari flagship lenovo lainnya

P90 adalah perangkat buatan Lenovo pertama yang dapur pacunya mengusung prosesor Intel Atom 1,83 GHz quad-core 64 bit. Senjata tersebut didukung RAM 2 GB.

Sistem operasi ponsel micro-SIM tunggal ini berjalan pada Android KitKat. Namun, secepatnya bakal ditingkatkan ke Lolipop.

Perangkat ini mendukung koneksi 4G LTE yang sudah tersedia di Indonesia. Ketika pengguna bepergian ke negara lain yang sudah menggelar LTE-Advanced FDD dan TDD, koneksi super cepat dapat dinikmati.

Layarnya mengusung resolusi 400 ppi. Mengakomodir hingga 16 juta warna, momen-momen penting yang terekam kamera bisa tampil lebih hidup dengan warna-warna ceria yang dikeluarkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com