Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Kembali Buka "DM untuk Semua"

Kompas.com - 21/04/2015, 11:53 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Semakin gencarnya fitur messaging yang ditawarkan berbagai jejaring sosial, Twitter kembali merevisi kebijakan fitur Direct Message (DM) dalam layanannya.

Sebelumnya, fitur Direct Message hanya bisa diakses jika kedua kontak sudah saling mem-follow. Namun kini, Twitter membuat siapa saja bisa mengirim dan menerima DM, tanpa harus mem-follow lebih dahulu.

Dikutip KompasTekno dari Venture Beat, Senin(21/4/2015), Twitter telah memperkenalkan fitur DM langsung ini pada Oktober 2013, namun tidak bertahan lama. Beberapa minggu kemudian Twitter menghapus fitur tersebut.

Pengguna Twitter yang terlanjur mengaktifkan fitur tersebut sebelum dihilangkan, tetap bisa menerima DM dari siapa saja.

Namun kini, pengguna web bisa meng-update setting mereka untuk menerima DM dari siapa saja. Sementara pengguna Twitter mobile di iOS dan Android akan menemukan tombol Direct Message di halaman user profile mereka.

Untuk mengakses fitur menerima DM dari siapa saja, buka Twitter melalui browser web, lalu klik foto profil di sebelah kanan atas. Dari situ, akan muncul sederetan menu, pilih menu Settings.

Dalam halaman Settings, pengguna disodori deretan pilihan menu lain di sebelah kiri. Klik menu Security and privacy di sebelah kiri.

Dalam halaman menu Security and privacy tersebut, pilihan Direct Messages ada di bagian paling bawah. Beri tanda centang di depan tulisan "Receive Direct Messages from anyone" jika ingin menerima DM dari siapa saja.

Sementara untuk pengguna mobile, menurut pantauan KompasTekno, belum ada update yang memunculkan tombol DM di user profile. Kemungkinan update tersebut akan diberikan Twitter dalam wkatu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com