Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Terjangan Longsor Everest Beredar di YouTube

Kompas.com - 27/04/2015, 13:08 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — Video yang menggambarkan para pendaki Gunung Everest berlarian menyelamatkan diri dari longsoran salju beredar di situs berbagi video YouTube.

Video yang diunggah oleh akun Jost Kobusch itu menggambarkan detik-detik saat longsoran salju melanda perkemahan pendaki.

"Tanah bergoncang karena gempa dan kami melihat banyak orang berlarian menyelamatkan diri mereka masing-masing," tulis Jost dalam deskripsi videonya.

Pantauan Kompas Tekno, video dengan durasi sekitar dua menit itu diunggah di situs YouTube pada 26 April 2015.

Sementara itu, pendaki lain bernama Jelle Veyt juga mengunggah video longsoran salju di base camp Everest di halaman Facebook-nya.

Seperti diberitakan sebelumnya, gempa berkekuatan 7,9 skala richter (SR) yang terjadi di Nepal dan India bagian utara pada Sabtu (25/4/2015) siang menimbulkan longsoran salju di puncak Gunung Everest.

Gempa tersebut juga menyebabkan longsor di Gunung Everest. Sebanyak 18 pendaki hingga kini dilaporkan tewas. Jumlah korban dikhawatirkan terus meningkat karena sejumlah pendaki lain masih belum ditemukan.

Gempa 7,9 SR yang terjadi pada Sabtu sekitar pukul 13.11 WIB tersebut, menurut data Badan Survei Geologi AS (USGS), berpusat di sekitar 77 kilometer arah barat laut ibu kota Nepal, Kathmandu, pada kedalaman 15 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com