Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Kamera LG G4 yang Diklaim Setara DSLR

Kompas.com - 29/04/2015, 12:04 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - LG resmi menelurkan produk andalannya, G4, hari ini, Rabu (29/4/2015) di Art Science Museum, Marina Bay Sand, Singapura. Dengan mengusung tagline "See the Great, Feel the Great", LG berharap dapat memenuhi ekspektasi penggunanya akan smartphone berdesain unik dengan visualisasi mumpuni.

Kamera adalah salah satu fitur unggulan G4. Dengan sensor kamera 16 MP, G4 diklaim mampu menyaingi kualitas kamera DSLR. Pembukaan f/1.8 memungkinkan cahaya masuk 80 persen lebih banyak ke sensor sehingga tak perlu khawatir dengan kondisi lowlight.

"Cahaya sangat penting untuk membidik gambar. Kami menyiapkan  G4 sebagai solusi menjepret di tempat minim cahaya," kata Marketing Communication LG Singapura Bang Youn Hwang pada acara peluncuran.

Kamera G4 juga diperkuat oleh optical image stabilization (OIS) generasi kedua yang diusung. Dengan OIS 2.0 ini, kamera bisa lebih stabil menghadapi goncangan tangan saat membidik gambar. Sehingga fokus gambar dapat terjaga.

Untuk pertama kalinya, G4 juga menyediakan penyetelan manual. Pengguna dapat menyetel sendiri fokus, shutter speed, ISO, exposure, dan white balance untuk tiap pembidikan. Pengalaman ini bagaikan menjajal kamera profesional.

Untuk fotografer profesional, format foto bisa dipilih antara RAW atau JPEG. Untuk format RAW biasanya digunakan untuk pemrosesan foto yang lebih detil tanpa penurunan kualitas.

Tak lupa, G4 juga membenamkan sensor spektrum warna. Fitur ini juga baru pertama dijejali pada sebuah smartphone. Walau memakai flash, warna foto tak akan tampak pucat. Selain itu, warna yang keluar juga bakal serupa dengan kenyataan asli.

Selain kamera utama, G4 juga menyematkan kamera depan 8 MP bagi mereka yang suka selfie. Dengan kontrol gestur, selfie dapat dilakukan dengan sebanyak 4 kali berturut-turut.

Fitur "Quick Shot" pada antarmuka UX 4.0 juga memungkinkan pembidikan yang lebih cepat dan mudah. Ini bakal mengoptimalkan penggunaan kamera bak DSLR milik G4.

"Hanya butuh 0,6 detik untuk menjepret gambar. Quick shot bakal membantu pengguna menggambil gambar dengan lebih mudah," kata Hwang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com