Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Ingin 1 Miliar Windows 10, Caranya?

Kompas.com - 30/04/2015, 16:15 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Bloomberg
KOMPAS.com - Microsoft menyematkan sebuah ambisi besar pada produk sistem operasi terbarunya, Windows 10. Dalam dua hingga tiga tahun mendatang, perusahaan raksasa software tersebut berharap bahwa produk baru itu akan digunakan, setidaknya, di satu miliar perangkat di seluruh dunia.

Impian besar "Windows 10 di 1 miliar perangkat" ini diutarakan langsung oleh Bos Windows Terry Myerson pada pembukaan acara Build, ajang kumpul pengembang aplikasi Microsoft, di San Francisco, AS, Rabu (29/4/2015).

Harapan itu sendiri tampak masuk akal, mengingat penggunaan Windows 10 yang tidak terbatas di perangkat PC saja. Nantinya, sistem operasi tersebut bakal bisa berjalan di tablet dan smartphone.

Untuk menarik pengguna menggunakan smartphone atau tablet berbasis Windows 10, Microsoft sedang berusaha untuk menciptakan sebuah ekosistem yang sehat. Caranya adalah dengan "mengundang" developer untuk membuat aplikasi bagi Windows 10.

Nah, untuk mempermudah mengembangkan aplikasi bagi Windows 10, Microsoft telah mengumumkan kehadiran dua software development kit (SDK) yang dapat digunakan untuk "menyalin" aplikasi Android dan iOS. Dengan SDK ini, pengembang tidak perlu membuat baris pemrograman dari awal lagi, melainkan hanya perlu melakukan sedikit modifikasi pada kode pemrograman mereka.

"Kami akan membuat para developer bisa memakai ulang hampir seluruh kode pemrograman Java dan C++ dari sebuah aplikasi ponsel Android, sehingga mereka dapat menciptakan aplikasi tersebut untuk ponsel Windows 10. Juga kode pemrograman Objective C untuk iOS," kata Terry Myerson, Executive VP Microsoft untuk sistem operasi.

Dari sisi Android, mereka menyematkan dukungan untuk kode pemrograman Java dan C++ di Windows 10. Sedangkan dari sisi iOS, developer aplikasi bisa memanfaatkan kode pemrograman Objective C yang sudah ada.

Dengan semakin baiknya ekosistem dan juga semakin banyaknya pengguna Windows 10, Myerson seakan berharap bahwa industri PC bisa bergairah kembali, sama seperti beberapa tahun yang lalu.

"Satu hal yang belum kami miliki--sebuah perilisan Windows yang hebat dapat mendorong orang-orang untuk memperbarui PC mereka," ujar Myerson, seperti KompasTekno kutip dari Bloomberg, Kamis (30/4/2015).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com