Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Google Manjakan Karyawannya

Kompas.com - 01/05/2015, 14:15 WIB
KOMPAS.com - Google secara konsisten dinilai sebagai tempat terbaik untuk bekerja. Beberapa alasannya adalah ketersediaan beragam fasilitas, dari yang kecil hingga besar.

Head of People Operations Google Laszlo Bock mengatakan, pada pertengahan tahun 2000-an, Google menawarkan subsidi 5.000 dollar (sekitar Rp 65 juta) kepada karyawan yang membeli mobil hibrida, sebagaimana ditelusuri CNN.

Namun dengan cepat, mobil ramah lingkungan tersebut menjadi lebih murah dan lebih umum.
Secara internal, hal ini dikenal sebagai subsidi Prius dan Google memutuskan sudah waktunya untuk menghentikan subsidi untuk merek Toyota itu.

Ketika karyawan mendengar bahwa subsidi tersebut dihilangkan pada tahun berikutnya, mereka benar-benar kecewa.

"Kami hanya melakukan ini selama tiga tahun, tetapi mereka terbiasa untuk itu. Dealer lokal memberitahu kami bahwa mereka melalui Desember yang menakjubkan tahun itu," kata Bock, yang baru saja menulis sebuah buku berjudul Work Rules!.

Jadi apa fasilitas terbaik Google? Bock mengungkapkan daftarnya.

Makanan gratis. Ini adalah salah satu fasilitas yang jelas. Google adalah salah satu perusahaan pertama yang menawarkan makanan gratis, yang sekarang menjadi hal pokok di Silicon Valley. Bock mengatakan makanan tersebut tidak hanya lezat, tetapi membantu untuk menjaga kesehatan karyawan.

Layanan antar-jemput. Fasilitas terbaik Google kedua adalah juga salah satu yang kontroversial. Bock mengatakan, angkutan gratis tersebut mengurangi volume 20.000 sampai 40.000 mobil di jalan setiap harinya. Namun beberapa warga kota di sekitar kantor pusat Google menganggap bus merupakan simbol masuknya pekerja teknologi kaya dan peningkatan sewa.

Ilmu dari pembicara beken. Google memiliki daftar pembicara tamu beken, mulai dari Stephen Colbert, Lady Gaga hingga Barack Obama. Bock mengatakan lingkungan di Google menciptakan lingkungan ide-ide segar dan dapat belajar terus-menerus.

Namun, fasilitas yang benar-benar menunjukkan kepedulian terhadap pekerja adalah memberikan karyawan fleksibilitas dan kontrol, terutama di masa-masa sulit, kata Bock.

Misalnya, lanjut Bock, jika karyawan meninggal saat bekerja di Google, keluarganya akan mendapat manfaat kematian, yakni semua saham karyawan tersebut segera dilindungi, pasangannya juga mendapatkan setengah gaji selama 10 tahun, dan anak-anak mendapatkan 1.000 dollar per bulan.

"Dalam menjalani kehidupan, ada saatnya anda berada di atas dan adakalanya jatuh hingga terhempas ke bawah. Saat itulah kami perlu berada di sana untuk anda," kata Bock.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANT

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com