Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nexpaq, Casing Ponsel Rakitan ala Project Ara

Kompas.com - 02/05/2015, 12:18 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Smartphone dengan modul komponen "rakitan" macam Project Ara besutan Google memang menarik. Tapi produk ini belum akan tersedia secara meluas dalam waktu dekat.

Mungkin peluang itulah yang mengilhami dan coba ditangkap oleh sekelompok orang yang sedang berupaya mengumpulkan dana untuk sebuah proyek casing ponsel di situs crowdfunding Kickstarter ini.

Bernama Nexpaq, casing yang bersangkutan menganut konsep modular yang mirip dengan Project Ara, di mana aneka komponen -termasuk kamera, senter LED, card reader, hingga laser- bisa dibongkar pasang dengan bebas.

Bedanya, bongkar-pasang tersebut tidak dilakukan langsung di tubuh ponsel, melainkan diakomodir oleh sang casing naspaq. Ini bukan ponsel, tapi casing modular.

Casing nexpaq beserta segala modul yang terpasang dihubungkan ke smartphone dan dikendalikan lewat sebuah aplikasi.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Android Authority, Sabtu (2/5/2015), ia pun bisa digunakan di beberapa model ponsel bereda. Smarpthone yang didukung sejauh ini adalah iPhone 6, Galaxy S5, dan Galaxy S6 Edge.

Sebanyak 12 modul sudah dibikin, namun casing nexpaq sendiri masih belum bisa diperoleh. Peminatnya bisa mengunjungi Kickstarter untuk menyumbang dana dan mendapatkan harga khusus. Casing ini dijadwalkan mulai dikirim ke tangan pemesan menjelang akhir 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com