Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Emoji "Jari Tengah" di Windows 10

Kompas.com - 05/05/2015, 18:57 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft benar-benar ambisius dalam menggodok sistem operasi teranyarnya Windows 10. Setelah membeberkan fitur-fitur canggih semacam Continuum for phones dan Windows Hello, kini Microsoft juga mengungkap kehadiran emoji "sensasional" yang bakal ada di dalam Windows 10.

Dilansir KompasTekno, Selasa (5/5/2015) dari TheVerge, Windows 10 bakal menyematkan emoji "jari tengah" ke perangkat pendukungnya. Langkah ini cukup berani mengingat pengacungan "jari tengah" berkonotasi negatif dalam konstruksi sosial.

Namun, emoji tersebut legal karena telah disetujui oleh Unicode. Lembaga ini kredibel dalam mengatur standar untuk emoji.

Dengan ditelurkannya emoji "jari tengah", Microsoft menjadi perusahaan pertama yang berani membawa simbol "jari tengah" ke sebuah sistem operasi. Emoji itu tersedia dalam enam jenis. Pembeda tiap jenisnya adalah warna kulit, dari yang terang hingga gelap.

Ide menyematkan pembeda rasial pada emoji, pertama kali dibawa oleh Apple. Windows 10 mengadopsi ini, namun ada perbedaan warna yang digodok. Jika emoji pada iOS memberi warna kulit kuning untuk mengisyaratkan kulit netral, Windows 10 memilih warna abu-abu.

Selain emoji-emoji standar yang sering ditemui, Windows 10 juga memperkaya jenis ekspresi untuk menggambarkan perasaan seseorang. Di antaranya ekspresi lelah, lega, dan gerakan mengangkat kedua tangan dengan jari-jari terentang.

Sejak tahun lalu, Windows 10 terus digodok dan dirilis versi betanya secara bertahap. Disinyalir, Microsoft bakal resmi meluncurkan sistem operasi teranyar tersebut pada Juni mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com