Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Xiaomi Tak Mau Lagi Pakai MicroSD

Kompas.com - 07/05/2015, 13:56 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Saat ini, berbagai vendor kerap menyematkan slot microSD pada ponsel pintar buatannya. Ini diharapkan dapat mengakomodir kebutuhan pengguna yang ingin mengekspansi kapasitas memori ponsel.

Di tengah penggunaan microSD yang seakan menjadi standar wajib pada sebuah gadget, Xiaomi memilih tak ikut arus. Sebelumnya, pabrikan Tiongkok tersebut memang telah membubuhkan beberapa perangkatnya dengan microSD, terutama perangkat-perangkat generasi awal.

Tetapi, untuk beberapa waktu belakangan dan ke depan, Xiaomi menegaskan tak bakal melengkapi produknya dengan slot microSD.

"Untuk perangkat-perangkat dengan performa tinggi, kami tak akan menggunakan slot microSD," kata Vice President Global Xiaomi Hugo Barra, sebagaimana dilaporkan Engadget dan dihimpun KompasTekno, Kamis (7/5/2015).

Sikap Xiaomi bukan tanpa alasan. Menurut Barra, timnya tak ingin mengorbankan kapasitas baterai, tampilan ponsel, dan slot microSIM tambahan bagi ponsel-ponsel yang dibuat dual SIM.

Yang lebih penting, Barra mengklaim microSD yang beredar di pasaran banyak yang palsu dan menipu pengguna. Sehingga, sedikit banyak kerusakan internal pada sistem ponsel terpengaruh oleh malfungsi microSD yang terpatri.

"Pengguna kira mereka membeli Kingston atau SanDisk (asli), padahal tidak. MicroSD yang banyak beredar memiliki kualitas yang sangat buruk, lambat, dan terkadang tiba-tiba berhenti bekerja. Ini merugikan pengguna. Alhasil, aplikasi tak bisa diakses, data hilang, dan banyak keluhan lainnya,'' Barra menjelaskan.

Kerusakan-kerusahan yang disebabkan microSD, kata Barra, kerap menjadi kambing hitam bagi vendor ponsel. "Pengguna akan menyalahkan ponselnya dan pabriknya,'' imbuhnya.

Ke depan, Barra menilai pilihan Xiaomi untuk menolak penggunaan microSD bakal diikuti vendor lain. Menurutnya, vendor lain pun merasakan hal serupa terkait penggunaan microSD selama ini di sebuah gadget. ''Ini akan jadi tren. MicroSD bakal musnah," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com