Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Bocoran Kemampuan Prosesor Terbaru AMD

Kompas.com - 09/05/2015, 13:48 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber AnandTech

KOMPAS.com - AMD sudah mendengungkan nama "Zen" sejak tahun lalu, tetapi tidak kunjung mengeluarkan detil apapun mengenai kemampuannya. Kini mereka memberikan sedikit kisi-kisi agar pengguna bisa mengetahui seberapa canggih prosesor yang akan diluncurkan pada 2016 itu.

Soal fitur, seperti dilansir KompasTekno dari AnandTech, Sabtu (9/5/2015), perusahaan asal Amerika Serikat ini menjanjikan peningkatan kinerja hingga 40 persen pada throughput Instruction per Clock (IPC).

Prosesor ini juga akan meninggalkan Buldozer Clustered Multithreading (CMT) dan menggantinya dengan Simultaneous Multithreading (SMT) yang mirip dengan teknologi hyperthreading milik Intel. Tujuannya menerapkan teknologi SMT tersebut adalah untuk meningkatkan pemanfaatan sumber daya dalam pemrosesan.

Selain itu, AMD juga menyebut Zen sebagai prosesor yang memiliki cache dengan bandwidth tinggi dan latensi rendah. Walaupun begitu, saat ini mereka belum mendetilkan seperti apa perbedaan yang dimaksud bila dibandingkan dengan cache dalam lini produk Dozer.

Prediksi lain mengenai prosesor Zen ini menyebutkan bahwa AMD akan memproduksinya bersama rekan lama mereka, GlobalFoundries.

Rekanan tersebut saat ini sedang bekerja sama dengan Samsung untuk pemrosesan FintFET 14 milimeter. Selanjutnya akan segera merapikan peralatannya untuk menggarap teknologi 14 nanometer yang akan keluar tahun depan.

Para pengguna desktop yang kemungkinan akan bergembira dengan kabar ini. Pasalnya prosesor Zen dirancang untuk perangkat komputasi mutakhir AMD, bukan berupa Advance Processing Unit (APU).

Perusahaan prosesor itu juga menyeragamkan socket pada prosesor buatannya. Seluruh CPU Zen nantinya akan mendukung DDR4 dan memakai socket AM4 sebagai platform-nya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AnandTech

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com