Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembuat Aplikasi Pencuri Foto Bugil Ditangkap

Kompas.com - 15/05/2015, 13:33 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber ENGADGET
KOMPAS.com - Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) baru-baru ini menangkap dua orang tersangka yang menyebarkan aplikasi pembobol akun penyimpanan foto yang disebut dengan "Photofucket."

Dengan aplikasi tersebut, pengguna bisa mencuri password suatu album di layanan penyimpanan foto online Photobucket dan mengunduh foto-foto yang sifatnya pribadi, termasuk foto-foto telanjang.

Dua orang yang ditangkap adalah Brandon Bourret dari Colorado dan Athanasios Andrianakis dari California. Departemen Kehakiman AS menangkap mereka dengan barang bukti berupa percakapan e-mail yang membahas tentang transaksi Photofucket.

Dikutip KompasTekno dari Engadget, Jumat (15/5/2015), keduanya menghadapi tuntutan penyalahgunaan dan penipuan menggunakan komputer, pencurian akses dan dokumen pribadi, serta penyalahgunaan internet.

Hukum di AS mengatur penyalahgunaan akses perangkat dengan hukuman penjara yang lama, hingga sepuluh tahun di penjara negara bagian atau denda sebesar 250 ribu dollar AS.

Beredarnya aplikasi pembobol album pribadi Photobucket ini berawal dari sebuah kanal di situs Reddit yang membahas tentang celah keamanan yang dimiliki Photobucket.

Dengan aplikasi tersebut, pengguna bisa mengakses album yang diatur sebagai album pribadi. Biasanya, album tersebut digunakan untuk menyimpan foto-foto selfie yang memuat unsur ketelanjangan.

Situs Reddit juga sering dijadikan sebagai tempat mendistribusikan link (tautan) yang berisi bundel foto telanjang artis-artis ternama, seperti saat kasus foto-foto selfie telanjang sejumlah artis Hollywood yang dibobol dari akun iCloud mereka beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ENGADGET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com