BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo
GADGET

Oppo R5, saatnya Lancar Berselancar dengan 4G!

Kompas.com - 17/05/2015, 15:33 WIB
Anne Anggraeni Fathana

Penulis

KOMPAS.com - Di era digital seperti saat ini, koneksi internet cepat dibutuhkan oleh semua kalangan, mulai pebisnis sampai ibu rumah tangga. Menyiapkan bertumpuk pekerjaan dengan bantuan internet, mengunduh file puluhan kilobyte, sampai streaming fitnes via YouTube akan lebih efektif jika dibarengi dengan koneksi internet sangat memadai.

Namun, meski belum dapat digunakan dalam skala luas, layanan jaringan 4G atau Fourth Generation Technology diperkirakan dapat menjadi solusi berinternet cepat untuk Indonesia. 4G merupakan generasi keempat lanjutan dari 3G dan 2G yang selama ini telah umum digunakan.

Korea Selatan pertama kali meluncurkan standar WiMAX 4G yang dikomersilkan di dunia pada tahun 2006. Sementara pada 2009, Swedia meluncurkan standar Long Term Evolution (LTE) untuk jaringan ini.

Di Indonesia sendiri, beberapa operator seluler telah melakukan uji coba penggunaan 4G LTE sejak 2010 lalu. Usaha untuk menyosialisasikan jaringan 4G juga dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).

Pada 2014 lalu, Menkominfo menerapkan jaringan 4G pada frekuensi 900 MHz. Disusul dengan perumusan kebijakan yang menerapkan teknologi ini pada frekuensi 1.800 MHZ di Februari 2015. Harapannya, ke depan jaringan ini dapat dinikmati secara merara di Tanah Air pada akhir 2015. (Baca: Menkominfo Janjikan Kebijakan 4G ‘Tahap Dua’).

Memang, jika dibandingkan dengan 3G, jaringan 4G memiliki kapasitas bandwith lebih cepat. Kemampuannya diperkirakan dapat menyentuh 1Gbps untuk pemakaian di dalam ruangan dan 100Mpbs saat beraktivitas outdoor. Dengan kecepatannya ini, 4G menjanjikan kenikmatan streaming video berkualitas HD tanpa buffering.

Oppo Indonesia Smartphone Oppo R5

Mengunci 4G

Untuk menjajal koneksi 4G, Anda sebagai pengguna internet sebaiknya menyesuaikan kartu SIM dan gadget yang terintegrasi jaringan ini. Anda dapat memilih beberapa operator telekomunikasi seluler yang telah menyediakan jaringan ini. Ada dua kota besar Indonesia yang sudah dapat menikmati 4G, yaitu Jakarta dan Bali.

Sementara itu, untuk smartphone, salah satu penyedia fasilitas 4G adalah Oppo seri R5. Hanya dengan mengunduh aplikasi network mode dan memilih menu ‘LTE only’, Anda sudah dapat mengunci jaringan 4G untuk menikmati kecepatannya.

Segera lengkapi diri Anda dengan fasilitas penunjang 4G dan nikmati berselancar cepat di dunia maya!

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com