BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo
GADGET

Apakah Oppo R1X Bakal Sekelas Oppo R5?

Kompas.com - 18/05/2015, 15:00 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Baru-baru ini Oppo meluncurkan produk terbarunya dengan desain cover belakang "Diamond Cut" yang diberi nama R1X. Sebagai lini keluarga R pada produk Oppo yang sama -sama menonjolkan keunggalan pada sisi desain, apakah R1X akan sekelas R5 yang telah muncul lebih dulu di pasaran?

Dilihat dari sisi kamera, seperti pada R5, hadirnya R1X  juga memiliki kamera belakang sebesar 13 MP dan kamera depan 5 MP. Keduanya didukung oleh sistem kalkulasi gambar Pure Image 2.0+. Fitur tersebut memberikan kebebasan dalam pengaturan kamera ketika ingin mengabadikan gambar, mulai fitur expert mode, double exposure hingga ultra HD yang memungkinkan pengguna mengabadikan momen hingga 50 MP.

Fitur menariknya adalah "Flash Shot" pada Oppo R5. Fitur ini memungkinkan penggunanya bisa memotret secara diam-diam.

Caranya, cukup menekan tombol volume up dan down bersamaan dalam keadaan smartphone terkunci maupun sedang menjalankan aplikasi lainnya. Dengan begitu, device akan mengambir gambar secara cepat dan diam–diam. Fitur ini juga dapat ditemukan pada R1X.

Sementara jeroannya, R1X juga menggunakan Qualcomm Snapdragon 615 octa-core 1,5 Ghz, RAM 2GB, serta Adreno 405 untuk grafisnya. Spesifikasi ini mampu memanjakan para penggemar game untuk bermain game dengan lancar tanpa permasalahan lag. Kualitas tampilannya juga jernih dan tajam.

Kecepatan pengisian daya

Di samping punya banyak kesamaan, tentu saja para pengguna R5 tidak perlu khawatir, karena eklusifitasnya tetap terjaga. Beberapa hal, di antaranya layar R1X harus diakui berada sedikit di bawah R5.

R1X sendiri memiliki ukuran sebesar 5 inch, 1280 x 720 pixels, 294 pixels/inch. Dari sisi material yang digunakan, sisi tepi atau pinggiran R1X berupa aluminium alloy, bukan menggunakan stainless steel seperti pada R5.

Selain itu, meski tidak seperti R5 yang dilengkapi VOOC Flash Charge yang mampu mengisi baterai selama 30 menit sebanyak 75 persen, namun kecepatan pengisian daya pada R1X tetap dapat mengungguli smartphone lainnya. Dengan menggunakan adapter 5V-2A, RX1 mampu mengisi daya 60 persen lebih cepat dibandingkan smartphone lainnya.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com