Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membandingkan Performa Zenfone 2 dan LG G4

Kompas.com - 19/05/2015, 10:42 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Asus Zenfone 2 belakangan kerap dijadikan pembanding untuk ponsel cerdas lain di kelasnya. Pasalnya, salah satu varian dari jejeran Zenfone teranyar ini adalah yang pertama menyematkan RAM 4 GB.

Kali ini, LG G4 mendapat giliran sebagai ponsel kelas premium yang performanya diadu dengan Zenfone 2. Pengaduan dilakukan dengan mengetes kecepatan dan temperatur perangkat. Kedua indikator tersebut mampu menjelaskan seberapa baik kualitas ponsel.

Seperti diketahui, G4 merupakan ponsel andalan LG terbaru yang dibekali ''jeroan'' Qualcomm Snapdragon 808 dengan arsitektur 64 bit. Sedangkan Zenfone 2 mengandalkan chipset Intel Atom Z3580. Keduanya terhitung sebagai prosesor canggih untuk kelasnya.

Untuk RAM, Zenfone 2 unggul dengan memasang RAM 4GB. Sedangkan G4 masih mengikuti standar ponsel cerdas lainnya, yakni 3 GB. Dengan fakta tersebut, pasti banyak yang menganggap bahwa kecepatan Zenfone 2 lebih unggul daripada G4.

Dilansir KompasTekno, Selasa (18/5/2015) dari AndroidOrigin, bukti justru berkata sebaliknya. Setelah diuji, G4 menunjukkan performa yang lebih gesit dibandingkan Zenfone 2. Tes dilakukan dengan membuka laman pencarian, media sosial, game dan aktivitas lainnya pada ponsel.

Walau begitu, perbedaan kecepatan kedua perangkat tak signifikan. Berikut video perbandingan kecepatan dan temperatur Zenfone 2 dan G4.

Pada beberapa bagian, terlihat bahwa Zenfone 2 lebih unggul dibandingkan G4. Misalnya saat membuka laman pencarian. Namun, secara keseluruhan, G4 memperoleh skor lebih tinggi.

Selain itu, jika dilihat dari kameranya, G4 jauh lebih unggul dibandingkan kamera PixelMaster 2.0 yang diusung Zenfone 2. Zenfone 2 tak memiliki Optical Image Stabilization (OIS), sehingga sulit mengunci fokus dan menstabilkan gambar pada keadaan tertentu.

Sedangkan kamera G4 digadang-gadang mampu bersaing dengan DSLR. Untuk kelas ponsel cerdas, kamera G4 disandingkan dengan Samsung Galaxy S6.

Faktor utama yang bisa menjadi bahan pertimbangan untuk memilih Zenfone 2 ketimbang G4 adalah harga. Zenfone 2 menawarkan harga yang jauh lebih murah ketimbang G4. Zenfone 2 berada di kisaran Rp 2,7 juta hingga Rp 4,5 juta. Sedangkan G4 berada pada kisaran Rp 8 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com