Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumor Pertama Smartphone Huawei P9

Kompas.com - 21/05/2015, 14:46 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Gizmochina
KOMPAS.com - Huawei baru saja merilis smartphone andalan terbarunya P8 dan P8 Max pada pertengahan bulan lalu. Meski keduanya belum beredar di pasaran, vendor asal Tiongkok tersebut dikatakan sudah mengembangkan seri penerus dari produk itu.

Rumor pertama soal penerus P8 ini didapatkan dari seseorang yang mengaku sebagai teman dari karyawan pabrik Huawei.

Seperti KompasTekno rangkum dari GizmoChina, Kamis (21/5/2015), Huawei sedang mengembangkan sebuah perangkat dengan nama kode IP03. Perangkat tersebut dikatakannya bakal dirilis dengan nama Huawei P9, alias seri penerus dari P8.

Sang sumber membeberkan bahwa Huawei P9 bakal hadir dengan desain yang baru. Ia akan menggunakan desain casing melengkung di bagian belakangnya, mirip dengan LG G4.

Selain itu, sumber yang tidak mau disebutkan namanya itu menyebutkan bahwa P9 akan dilengkapi layar dengan bentang 5,2 inci. Tidak diketahui informasi mengenai dukungan resolusinya.

Dari segi kamera, P9 dikatakannya memiliki kamera belakang 16 megapiksel dengan teknologi optical image stablizition.

Dari segi "jeroan", perangkat ini tampaknya akan menggunakan prosesor buatan sendiri, yakni Kirin 950. Prosesor tersebut dikerjakan dengan teknologi fabrikasi 16 nm dan dikembangkan oleh Huawei sendiri bersama dengan TSMC.

Sekadar informasi, kebanyakan produk Huawei memang menggunakan prosesor buatan sendiri yang dinamakan Kirin. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, Kirin dapat diartikan sebagai "Naga".

Huawei P9 juga dikabarkan dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari. Teknologi sensor itu dikatakan mirip dengan yang digunakan oleh Huawei di perangkat lainnya, Mate 7.

Hingga saat ini, masih belum ada bocoran gambar dan spesifikasi lengkap dari Huawei P9.

Huawei pun masih belum memberikan konfirmasi perihal keberadaan produk ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Gizmochina
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com