Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Agenda Prioritas BRTI Menurut Menkominfo

Kompas.com - 22/05/2015, 18:01 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sembilan anggota Komite BRTI masa jabatan 2015-2018 hari ini, Jumat (22/5/2015) resmi dilantik oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara di kantor Kemenkominfo di Jakarta.

Di hadapan anggota BRTI yang baru, Menkominfo Rudiantara membeberkan beberapa prioritas agenda yang harus segera diselesaikan.

1. Interkoneksi

Agenda pertama menurut Menkominfo adalah masalah interkoneksi. Terkait hal ini, Rudiantara mengingatkan agar BRTI harus bersikap fair (adil),  dengan mendengarkan semua stakeholder, dan agar jangan terburu-buru.

"Lebih baik selesaikan tahun ini, baru terapkan tahun depan, jangan buru-buru karena interkoneksi ini sifatnya never ending," kata Rudiantara.

Sebagaimana diketahui, formulasi tentang interkoneksi yang baru seharusnya sudah diterapkan tahun ini, namun Menkominfo Rudiantara meminta agar formulasinya diubah agar tarifnya bisa lebih rendah bagi masyarakat.

2. Broadband Merata

Prioritas kedua adalah agenda broadband, bagaimana menghadirkan koneksi data yang cepat dan bisa terjangkau oleh masayarakat secara merata.

4. Efisiensi Industri

Ketiga adalah efisiensi industri. dalam hal ini, Menkominfo berharap terwujudnya infrastruktur sharing dari pelaku industri telekomunikasi di Indonesia.

Menurut Rudiantara, hal itu perlu dilakukan karena juga demi kebaikan operator telekomunikasi itu sendiri, posisi tawarnya di mata masyarakat akan lebih baik.

5. Insentif untuk Industri

Terakhir, agenda yang harus diselesaikan pengurus BRTI yang baru adalah menyangkut regulation incentive.

"Bagaimana agar (regulasi) bisa melindungi industri agar memberi layanan yang bagus ke masyarakat, dan pada saat yang sama juga memberikan layanan dengan harga yang terjangkau," demikian ujar Rudiantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com