Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dedengkot Desain Apple Punya Jabatan Baru

Kompas.com - 28/05/2015, 09:59 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Jonathan "Jony" Ive punya peran baru di Apple. Kini, desainer legendaris Apple ini menduduki jabatan baru sebagai Chief Design Officer Apple.

Seperti dikutip KompasTekno dari Techcrunch, Rabu (27/5/2015), jabatan yang diembannya saat ini meningkat dari jabatan yang baru saja ditinggalkannya, yakni Senior Vice President of Design.

"Kami dengan senang mengumumkan bahwa Jony Ive telah dipromosikan ke posisi yang baru kami ciptakan, Chief Design Officer Apple," kata juru bicara Apple.

Di posisi barunya itu, Ive masih akan berperan dalam mendesain semua produk Apple, baik itu untuk tampilan antarmuka sistem operasi dan juga perangkat-perangkat (industrial) buatan Apple.

Bedanya dengan jabatan sebelumnya, pekerjaan administratif dan manajemen kini diserahkan kepada dua orang tangan kanan Ive. Keduanya adalah Richard Howarth sebagai Head of Industrial Design Apple dan Alan Dye sebagai Head of User Interface.

"Tanggung jawab manajerial harian Jony akan diserahkan kepada kolaborator lamanya, Richard Howarth, VP of Industrial Design, dan Alan Dye, VP of User Interface," tutur juru bicara tersebut.

Howarth sendiri selama ini dikenal sebagai salah satu anggota tim pengembang desain iPhone dan Mac. Ia telah bekerjasama dengan Ive selama dua dekade belakangan ini.

Sementara itu, Dye sebenarnya anggota tim marketing dan komunikasi Apple, tetapi dipindahkan ke divisi desain tampilan antarmuka. Dye sendiri merupakan salah satu kunci pembuat desain tampilan Apple Watch.

Naiknya jabatan dan tanggung jawab baru yang diembannya memang sudah lama diidam-idamkan oleh Ive. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Ive memang tidak terlalu menyukai kegiatan administratif dan manajerial dalam perusahaan.

Ive memang lebih gemar mengurus dan mengembangkan proses desain perusahaan. Dalam jabatannya baru ini, Ive dikatakan akan fokus membantu mengembangkan desain antarmuka dan produk Apple, termasuk juga desain toko retail Apple Store yang ada di seluruh dunia.

Kira-kira, desain baru seperti apa lagi yang akan dihadirkan oleh Ive?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com