Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Ramadhan, XL Uji Jaringan di 5 Wilayah

Kompas.com - 28/05/2015, 10:34 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

PADANG, KOMPAS.com - XL kembali menggelar uji coba jaringan menjelang Ramadhan. Rutinitas tahunan bertajuk "NetRally" ini dilakukan untuk memastikan kesiapan jaringan menghadapi kerap naiknya trafik pelanggan di bulan suci.

Tahun ini XL lagi-lagi mengekspansi titik pengujian jaringannya. Dua tahun lalu uji jaringan hanya digelar sepanjang Pantura sebagai jalur mudik teramai. Tahun lalu, uji jaringan diperluas hingga ke sepanjang selatan Jawa yang titik ujungnya berada di Yogyakarta.

Nah, kini area-area luar Jawa pun kebagian giliran pengujian. Dari Jakarta hingga Merak, Padang hingga Bukittinggi, Solo hingga Semarang, Surabaya hingga Malang, dan Banjarmasin hingga Martapura.

"Semua dilakukan serempak. Nanti sore kita akan lakukan video call dengan teman-teman di 4 titik lainnya," kata Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan saat rombongan wartawan tiba di Padang, Kamis (28/5/3015).

Ongki mengakui tantangan XL tahun ini semakin besar. Perilaku pelanggan yang lebih dominan ke penggunaan data ketimbang SMS dan voice memiliki konsekuensi sendiri bagi operator.

"Dulu kalau Ramadhan saya jagain SMS. Sekarang koneksi data yang lebih difokuskan. Kita harus menyesuaikan dengan perubahan perilaku pelanggan," kata Ongki.

Pasalnya, optimalisasi koneksi data lebih kompleks dibandingkan SMS dan Voice. Di dalamnya ada pengaturan regulasi yang lebih signifikan, persaingan operator yang lebih sengit dan tuntutan pelanggan yang lebih tinggi.

"Dari bangun tidur sampai kembali tidur pengguna sangat intim dengan koneksi data. Jaringan dituntut selalu prima. Lima menit saja jaringan putus, keluhannya akan sangat besar. Tugas kita makin berat, investasi makin besar," direktur XL termuda ini menjelaskan.

Dalam empat tahun terakhir, XL telah menggelontorkan investasi senilai Rp 40 triliun untuk pengembangan infrastruktur. Hal ini, kata Ongki, juga untuk mendukung program pemerintah menuju Indonesia Broadband Plan.

Padang merupakan salah satu wilayah dengan investasi paling besar. Walau, jaringan yang dioptimalkan baru sebatas 3G. Itupun masih ada beberapa area yang belum terjangkau. "Bukan cuma kami, tapi operator lain juga kesulitan meraih beberapa titik," kata Ongki.

Bagaimanapun tantangannya, Ongki mengklaim XL bakal terus berupaya memberikan yang terbaik bagi pelanggannya. "Tim memastikan layanan XL selalu prima. Optimisasi kita lakukan secara terus menerus," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com